3 Cara Mematikan HP Otomatis Agar Daya Tahan Baterai Awet

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau di perangkat HP sudah dilengkapi dengan fitur mematikan HP secara otomatis. Fitur ini tentu sangat berguna karena lebih efisien dan mampu menghemat penggunaan baterai. Lantas, bagaimana cara mematikan HP otomatis?

Seperti yang diketahui, biasanya HP tetap dalam kondisi aktif meskipun tidak sedang digunakan. Misalnya ketika tidur malam atau ketika sedang mengisi daya baterai. Agar lebih menghemat baterai, sebenarnya akan lebih baik jika perangkat HP dimatikan.

Cara Mematikan HP Otomatis

Cara Mematikan HP Otomatis tanpa Tombol Power di Menu Pengaturan

Kebiasaan tetap menyalakan HP tanpa adanya batas waktu atau lupa untuk mematikan ketika tidak digunakan bisa menimbulkan risiko tersendiri. Seperti daya tahan baterai yang menurun hingga tombol power yang rentan mengalami kerusakan. Sebagai solusinya, HP bisa dimatikan secara otomatis.

Sebenarnya di perangkat HP sendiri sudah dilengkapi fitur untuk mematikan HP otomatis, yaitu melalui menu pengaturan atau setting. Cara ini tentunya sangat praktis dan bisa langsung dilakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Adapun caranya adalah seperti berikut:

  • Masuk ke menu Pengaturan/Settings -> Additional Setting.
  • Klik opsi Automatic On/Off
  • Jika tidak menemukan opsi tersebut bisa mengetik Automatic On/Off pada kolom pencarian yang terdapat di menu Pengaturan.
  • Pilih jadwal untuk mematikan dan menghidupkan perangkat HP sesuai jam dan hari yang diinginkan.
  • Untuk menyimpan hasil pengaturan berikan tanda centang. Nantinya HP akan secara otomatis mati dan hidup sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Cara Mematikan HP Otomatis di Jam Tertentu dengan Aplikasi

Selain memanfaatkan fitur mematikan otomatis yang tersedia di menu pengaturan perangkat HP, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa aplikasi untuk keperluan tersebut. Agar lebih jelas, berikut ini adalah 3 aplikasi yang direkomendasikan:

1. Shutdown (No Root)

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk mematikan dan menghidupkan HP secara otomatis adalah Shutdown (No Root). Aplikasi ini tersedia di Play Store dan bisa didownload gratis. Selain itu juga tidak memerlukan proses root. Adapun caranya adalah:

  • Download aplikasi kemudian buka di perangkat HP.
  • Aplikasi akan menampilkan fitur berupa Daya Mati, Mulai Lagi serta Mode Darurat.
  • Untuk mematikan HP otomatis, silakan tekan opsi Daya Mati.
  • Pada HP yang tombol powernya rusak bisa menggunakan opsi Mulai Lagi untuk keperluan mematikan dan menghidupkan perangkat HP.

2. Assistive Touch untuk Android

Aplikasi kedua yang bisa dicoba untuk mematikan dan menghidupkan perangkat HP adalah Assistive Touch. Tanpa perlu menyentuh tombol power, pengguna bisa dengan mudah mematikan HP secara otomatis.

Selain itu, melalui aplikasi ini pengguna juga bisa menggunakan pintasan cepat untuk lokasi, WiFi, volume suara dan bluetooth. Adapun untuk cara mematikan otomatis HP Android adalah seperti berikut:

  • Download aplikasi yang tersedia di Play Store dan jalankan aplikasi.
  • Klik pada custom menu -> fitur mematikan HP otomatis -> simpan.

3. Layar Pintar On Off

Aplikasi ketiga yang berguna untuk mematikan dan menghidupkan HP secara otomatis adalah Layar Pintar On Off. Aplikasi ini akan sangat bermanfaat ketika tombol power di perangkat HP rusak atau error. Berikut ini adalah cara menggunakannya:

  • Unduh dulu aplikasinya dan buka melalui perangkat HP.
  • Atur menggunakan dua ketukan jari di layar untuk mematikan dan menghidupkan HP.
  • Selanjutnya kamu bisa mematikan dan menghidupkan layar HP dengan menggunakan ketukan jari.

Pada dasarnya cara mematikan HP otomatis sangat mudah dan bisa diterapkan pada berbagai jenis perangkat HP. Selain memanfaatkan fitur yang tersedia di menu pengaturan, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi yang telah direkomendasikan di atas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top