3 Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP Android

Penggunaan headset Bluetooth memang lebih praktis dan kompatibel. Namun bagi pemula akan sedikit kebingungan dengan cara menyambungkan headset Bluetooth ke HP. Padahal, caranya sangat mudah sehingga membuat Anda akan lebih nyaman mendengarkan musik maupun audio dari film.

Kebanyakan smartphone masa kini sudah mendukung penggunaan headset Bluetooth. Aksesoris HP yang satu ini memang semakin digandrungi karena kepraktisannya. Apabila Anda baru saja memiliki headset Bluetooth dan belum tahu cara memakainya, simak ulasan di bawah ini.

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth Ke HP

Panduan Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke HP

Headset Bluetooth sangat beragam dengan kualitas dan keawetan yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya, cara penggunaan alat ini tidak jauh berbeda. Agar bisa menggunakan headset Bluetooth dengan maksimal, pastikan Anda menyambungkannya dengan baik ke HP.

  • Langkah pertama, hidupkan headset Bluetooth terlebih dahulu. Biasanya terdapat tombol Power pada headset, ada pula yang cara menyalakannya dengan menggunakan sensor. Silahkan sesuaikan dengan masing-masing tipe headset bluetooth.
  • Selanjutnya, masuk ke Mode Pairing yang biasanya ditandai dengan lampu indikator tertentu pada headset. Namun kebanyakan headset Bluetooth saat dinyalakan sudah otomatis mengaktifkan mode Pairing.
  • Selanjutnya, aktifkan fitur Bluetooth di HP yaitu dengan memilih menu Settings lalu pilih Connection.
  • Kemudian tap Bluetooth dan aktifkan toggle-nya dalam keadaan ON. Bisa juga mengaktifkannya dengan tarik layar bagian atas lalu tap ikon Bluetooth.
  • Berikutnya, tunggu sampai perangkat headset Bluetooth terdeteksi di HP.
  • Jika sudah terdeteksi, pilih nama headset Bluetooth tersebut lalu tunggu sampai tersambung.

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke HP Android yang telah dijelaskan di atas bisa dilakukan di berbagai macam tipe HP. Mulai dari Samsung, Xiaomi, Realme, Oppo, dan sebagainya. Letak fitur Bluetooth mungkin bisa berbeda-beda, namun pada intinya bisa ditemukan di menu Pengaturan.

Selain itu, lampu indikator yang menyala bisa berbeda-beda sehingga Anda perlu melihat di buku petunjuk atau dus kemasan headset Bluetooth.

Cara Menggunakan Headset Bluetooth di Berbagai Tipe HP

Setelah mengetahui cara menyambungkan headset Bluetooth di HP, sebaiknya Anda juga memahami cara menggunakannya. Perlu diketahui bahwa kebanyakan headset Bluetooth memiliki tombol multifungsi dan beberapa lampu indikator.

Oleh sebab itu, Anda bisa mengikuti petunjuk umum dalam menggunakan headset Bluetooth berikut ini.

1. Mematikan Headset Bluetooth

Cara mematikan jenis headset ini sangat mudah, cukup tekan dan tahan tombol multifungsi 3-4 detik. Tunggu sampai lampu indikator berwarna biru sebagai pertanda menyala akan meredup secara perlahan.

2. Menjawab dan Menolak Telepon

Meski sedang menggunakan headset Bluetooth, Anda tetap bisa menjawab panggilan yang masuk. Caranya yaitu dengan menekan tombol multifungsi sebanyak satu kali, sedangkan untuk reject panggilan dengan menekannya dua kali.

3. Mengecek Baterai dan Charging

Sebaiknya cek baterai headset Bluetooth dengan tepat yaitu dengan klik tombol volume down sebanyak dua kali. Jika baterai dalam keadaan low, maka hal ini ditandai dengan lampu merah yang menyala dan notifikasi suara yang khas.

Jika daya baterai sudah rendah, sebaiknya segera charging headset Bluetooth. Pertanda isi ulang baterai headset Bluetooth sukses adalah indikator lampu merah menyala kembali. Sedangkan saat baterai sudah terisi penuh, hal ini ditandai dengan lampu indikator berubah menjadi warna biru.

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke HP harus memperhatikan lampu indikator yang menyala. Biasanya berwarna biru, sedangkan ketika hendak dimatikan berwarna merah. Sebelum pemasangan dilakukan, pastikan Anda menyalakan fitur Bluetooth dengan tepat di menu Pengaturan pada HP. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top