6 Cara Dapat Uang di YouTube yang Wajib Diketahui!

Di tengah perkembangan teknologi, YouTube menjadi situs web berbagi video yang menjanjikan. Pasalnya situs ini dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan sejumlah penghasilan tambahan. Ada berbagai cara dapat uang di YouTube yang bisa Anda coba.

Bahkan saat ini sudah banyak youtuber yang menjadikan profesinya sebagai pekerjaan utama. Menjadi seorang youtuber mampu menghasilkan uang yang banyak. Maka tak heran jika kini orang berbondong-bondong ingin membuka channel YouTube sendiri.

Cara Dapat Uang Di Youtube

Keuntungan Menghasilkan Uang dari YouTube

Anda pasti sering melihat video youtuber berseliweran di home YouTube. Bahkan semakin hari, banyak orang yang tertarik untuk mencari uang di situs ini. Hal tersebut dikarenakan YouTube telah menjadi situs yang paling menjanjikan untuk menghasilkan uang dan sangat menguntungkan karena:

  • Orang-orang di Indonesia memiliki tingkat konsumsi video online yang cukup tinggi.
  • YouTube berhasil menguasai market share platform video terbesar di Indonesia.
  • Jumlah penonton YouTube telah menyaingi banyaknya penonton televisi.
  • Anda tidak perlu mempunyai jutaan subscriber untuk menghasilkan uang.
  • Anda bebas membuat konten video selama sesuai dengan aturan yang telah dibuat.

Cara Dapat Uang di YouTube dengan Mudah

Apabila Anda ingin mendapatkan banyak uang dari YouTube maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Konten yang berkualitas menjadi faktor utama yang akan menentukan jumlah uang yang didapat. Anda bisa memperhatikan cara mendapatkan uang dari pembuatan konten berikut ini.

1. Lakukan Riset Keyword

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membuat konten video adalah melakukan riset keyword. Anda bisa menggunakan Google Trends untuk mencari keyword yang sedang banyak dicari oleh audiens.

2. Membuat High Retention Video

Cara dapat uang di YouTube berikutnya adalah dengan membuat high retention video atau persentase video yang ditonton. Contohnya saat Anda mengunggah video dengan durasi 10 menit, namun rata-rata audiens hanya menonton selama 5 menit, maka retensi videonya sebesar 50%.

Umumnya YouTube akan mengutamakan video yang memiliki retensi tinggi karena mampu membuat audiens lebih lama menghabiskan waktu. Semakin tinggi rata-rata retensi, maka video Anda bisa muncul di urutan teratas.

3. Pelajari Faktor Ranking Youtube

Hingga kini jumlah channel YouTube masih terus bertambah. Sehingga Anda akan bersaing dengan ratusan bahkan ribuan channel. Tetapi jangan khawatir karena biasanya ada faktor penentu ranking yang membuat video Anda lebih diminati, seperti:

  • Banyaknya komentar yang didapatkan.
  • Jumlah subscriber yang berlangganan setelah menonton video.
  • Jumlah share video.
  • Click Through Rate / CTR.
  • Durasi panjangnya video.

4. Gunakan Tag

Mirip dengan website blog seperti WordPress, Anda bisa memanfaatkan fitur tag saat mengunggah video di situs YouTube. Fitur ini akan membantu situs untuk memahami konteks video dan menyarankannya ke audiens yang membutuhkannya.

5. Promosikan Video Melalui Media Sosial

Semakin terkenal video Anda, maka jumlah orang yang menonton juga meningkat. Anda bisa mempromosikan video melalui media sosial untuk mendapatkan tambahan viewers. Ada banyak platform yang bisa dimanfaatkan, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

6. Lakukan Monetisasi Channel

Terakhir, cara dapat uang di YouTube adalah dengan melakukan monetisasi channel. Dengan monetisasi, audiens akan melihat iklan. Dari ditampilkannya iklan sebelum video dimulai, Anda akan mendapatkan sejumlah bayaran yang cukup menjanjikan.

Selain itu Anda juga bisa menerapkan cara dapat uang di YouTube dengan membuat konten video berkualitas lainnya. Dengan begitu akan semakin banyak orang yang tertarik dan jumlah subscriber meningkat. Anda bisa memulai dengan membuat konten video sederhana namun informatif.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top