7 Cara Mengatasi HP Xiaomi Terkena Air Yang Benar

Hadiyan Dicky

Saat ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, tidak jarang kita mengalami kejadian yang tidak mengenakkan seperti ketika HP Xiaomi terkena air.

Masalah ini bisa terjadi pada siapa saja, baik itu karena terjatuh ke dalam air, terkena hujan, atau bahkan tercebur ke dalam kolam renang. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara mengatasi HP Xiaomi yang terkena air dengan langkah-langkah yang mudah dan efektif.

Sebelum kita memulai, penting untuk diingat bahwa setiap kejadian yang melibatkan cairan di dalam HP Xiaomi dapat menyebabkan kerusakan permanen jika tidak ditangani dengan benar.

Oleh karena itu, penting untuk mengikuti langkah-langkah yang kami berikan dengan hati-hati dan tidak terburu-buru.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Terkena Air Yang Benar dan Lengkap

Kurang lebih ada 7 macam langkah untuk cara mengatasi hp xiaomi terkena air yang benar dan bisa dicoba. Antara lain ke 7 cara tersebut yaitu sebagai berikut ini:

1. Matikan HP Xiaomi Kalian

Langkah pertama yang harus Kalian lakukan saat HP Xiaomi terkena air adalah mematikannya segera. Jangan mencoba menghidupkannya atau mengecek kerusakan pada layar.

Matikan HP dan jangan menghubungkannya ke charger atau mencoba menyalakannya hingga benar-benar kering.

Saat HP Xiaomi terkena air, hal pertama yang perlu Kalian lakukan adalah mematikan perangkat secepat mungkin.

Ini penting untuk melindungi sirkuit dan komponen internal dari kerusakan lebih lanjut. Jangan mencoba menyalakan HP atau menekan tombol apa pun setelah terkena air, karena ini dapat menyebabkan korsleting dan merusak perangkat secara permanen.

2. Keluarkan SIM Card dan Kartu Memori

setelah mematikan HP Xiaomi yang terkena air mengeluarkan SIM Card dan kartu memori merupakan langkah yang penting .

Hal ini bertujuan untuk mencegah korosi pada kontak SIM Card dan kartu memori serta menghindari kerusakan lebih lanjut pada komponen internal perangkat.

Setelah SIM Card dan kartu memori berhasil dikeluarkan, letakkan keduanya di tempat yang aman dan kering. Pastikan Kalian tidak menyentuh kontak emas pada SIM Card dan kartu memori, karena dapat meninggalkan sidik jari atau kotoran yang dapat mengganggu koneksi pada slot HP Xiaomi.

3. Keringkan dengan Handuk atau Tisu

Setelah mengeluarkan SIM Card dan kartu memori, langkah selanjutnya adalah mengeringkan bagian luar HP Xiaomi.

Gunakan handuk atau tisu bersih untuk mengelap permukaan HP secara perlahan dan lembut. Usap dengan hati-hati dan pastikan tidak ada cairan yang tersisa di permukaan perangkat.

Selain mengelap permukaan HP, pastikan juga untuk membersihkan bagian-bagian kecil seperti tombol, port USB, dan lubang speaker dengan hati-hati menggunakan tisu atau cotton bud. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa air yang mungkin masih menempel di area tersebut.

4. Gunakan Kemasan Silika Gel

Jika Kalian memiliki kemasan silika gel, itu bisa menjadi solusi yang efektif untuk mengeringkan HP Xiaomi yang terkena air.

Silika gel adalah benda kecil berbentuk butiran yang digunakan untuk menyerap kelembaban. Biasanya, silika gel ditemukan dalam kemasan produk elektronik atau obat-obatan.

Untuk menggunakan silika gel, letakkan HP Xiaomi beserta SIM Card dan kartu memori di dalam kemasan tersebut.

Pastikan HP dan komponen lainnya sepenuhnya tertutup oleh silika gel dan biarkan selama setidaknya 24 jam. Silika gel akan menyerap kelembaban di dalam HP Xiaomi secara efisien dan membantu mengeringkan perangkat dengan cepat.

Jika Kalian tidak memiliki kemasan silika gel, Kalian dapat mencarinya di toko elektronik atau toko perlengkapan kantor terdekat atau mencari alternatif pengering seperti beras atau garam yang dapat menyerap kelembaban.

5. Jangan Pakai Hair Dryer atau Sinar Matahari Langsung

Saat mengeringkan HP Xiaomi yang terkena air, hindari penggunaan hair dryer atau menjemur di bawah sinar matahari langsung.

Panas yang dihasilkan oleh kedua hal tersebut dapat merusak komponen internal HP dan menyebabkan kerusakan permanen. Lebih baik menggunakan metode alami seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya.

6. Coba Nyalakan Kembali

Setelah proses pengeringan selesai, pasang kembali SIM Card dan kartu memori ke dalam HP Xiaomi. Kemudian, nyalakan perangkat dan lihat apakah berfungsi dengan baik.

Sebelum mencoba menghidupkan HP, pastikan bahwa perangkat sudah benar-benar kering. Periksa bagian dalam slot SIM Card dan slot kartu memori untuk memastikan tidak ada air yang tersisa.

Jika Kalian melihat tanda-tanda kelembaban atau air, Kalian harus mengulangi langkah-langkah pengeringan sebelum mencoba menghidupkan HP kembali.

Namun setelah sudah dipastikan HP masih mengalami masalah atau tidak bisa menyala, kemungkinan ada kerusakan yang lebih serius dan perlu diperbaiki oleh teknisi profesional di pusat layanan resmi Xiaomi.

7. Bawalah ke Pusat Layanan Resmi Xiaomi

Jika setelah mengikuti langkah-langkah di atas HP Xiaomi masih mengalami masalah, sebaiknya bawalah perangkat ke pusat layanan resmi Xiaomi.

Mereka memiliki teknisi yang terlatih dan peralatan yang tepat untuk memperbaiki kerusakan pada HP Xiaomi.

Pusat layanan resmi Xiaomi dapat memberikan solusi yang tepat dan profesional untuk mengatasi masalah HP Xiaomi yang terkena air.

Sebelum membawa HP ke pusat layanan resmi Xiaomi, pastikan Kalian mencatat dan melaporkan dengan jelas gejala masalah yang terjadi pada HP Xiaomi Kalian.

Berikan informasi tentang kejadian yang menyebabkan HP terkena air dan langkah-langkah yang telah Kalian lakukan sejak itu. Hal ini akan membantu teknisi di pusat layanan resmi untuk memahami masalah dengan lebih baik dan memberikan solusi yang tepat.

Penutup

Demikianlah artikel cara mengatasi hp xiaomi yang dapat kami buat dan berikan, semoga bisa bermanfaat dan jangan sungkan berkomentar jika ada yang tidak dimengerti. Terima kasih!

Hadiyan Dicky

Lulusan S1 Sarjana Komputer (S.Kom) yang telah berpengalaman menekuni bidang teknologi sejak 6 tahun lalu.

Tinggalkan komentar