Cara Melacak HP dengan IMEI Yang Terbukti Sukses!

Saat ini perangkat HP menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting karena memudahkan penggunanya dalam berkomunikasi dan mengakses informasi. Apa jadinya jika HP hilang atau lupa menaruh dimana? Jangan panik dulu, kamu bisa mencoba cara melacak HP dengan IMEI.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak HP yang hilang atau lupa saat menaruhnya di suatu tempat. Biasanya kalau lupa dan masih di sekitar rumah, cara yang paling mudah adalah dengan melakukan panggilan ke HP tersebut. Tapi kali ini kita akan coba menggunakan IMEI.

Cara Melacak HP dengan IMEI

Apa itu IMEI?

IMEI itu apa ya, kenapa bisa digunakan untuk melacak HP? Perlu diketahui bahwa IMEI merupakan nomor identitas pada perangkat HP. Adapun fungsi dari IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah untuk menyimpan berbagai jenis data penting.

Biasanya pada setiap perangkat HP terdiri dari 1 atau 2 nomor IMEI sesuai dengan jumlah SIM yang digunakan. Meski begitu, tetap saja hanya ada 1 nomor IMEI yang berfungsi sebagai identitas ponsel yang resmi.

Jumlah nomor IMEI sendiri antara 15 sampai 16 digit, dan IMEI pada perangkat HP akan memudahkan operator dalam melakukan identifikasi gadget, khususnya yang terhubung dengan jaringan.

Cara Melacak HP dengan IMEI Tanpa Aplikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagai identitas perangkat HP maka IMEI bisa digunakan untuk melacak keberadaan HP. Adapun caranya bisa melalui dua metode, yaitu:

1. Memanfaatkan Situs Find My Phone Google

Sebelum memanfaatkan layanan situs Find My Phone Google, perlu diketahui dulu apa saja syarat yang harus dipenuhi seperti berikut:

  • Harus dipastikan bahwa nomor IMEI dari HP yang akan dilacak tersebut sudah diingat, atau minimal masih ada dusbook HP-nya. Jika tidak memiliki dusbook dan lupa dengan nomor IMEI atau belum mencatatnya, maka akan sulit untuk melacaknya.
  • Perangkat HP harus dalam kondisi hidup atau tidak mati.
  • Mode lokasi aktif (opsional).

Jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi, sekarang saatnya untuk mencoba cara melacak HP dengan alamat IMEI melalui beberapa langkah di bawah ini:

  • Kunjungi situs Find My Phone Google dan masukkan nomor IMEI.
  • Jika akun HP sudah terhubung dengan Google maka proses pelacakan akan lebih mudah.
  • Tunggu selama beberapa menit kemudian klik tanda seru.
  • Jika muncul keterangan bahwa HP berhasil dilacak maka bisa langsung menuju ke lokasi HP berada.
  • Saat tiba di lokasi pilih Putar Suara untuk membunyikan perangkat HP.
  • Sementara opsi Hapus Perangkat bisa dipilih jika kamu merelakan HP tersebut, sehingga hal itu akan menghapus semua data yang tersimpan di HP.

2. Mengunjungi Gerai Operator yang Menyediakan Layanan Jaringan

Cara melacak HP dengan IMEI HP selanjutnya adalah mengunjungi gerai operator yang menyediakan layanan jaringan. Caranya cukup sederhana, karena kamu hanya perlu membawa nomor perdana beserta catatan nomor IMEI dari perangkat HP yang hilang. 

Nantinya petugas operator akan memberikan informasi terkait lokasi dan keberadaan HP yang hilang. Namun sayangnya cara ini hanya efektif jika fitur GPS dan koneksi internet pada HP tersebut aktif.

Karena biasanya yang terjadi pada beberapa kasus, lokasi HP yang terdeteksi merupakan lokasi terakhir ketika HP tersebut masih menyala. Sehingga ketika kondisi HP tidak aktif maka otomatis lokasinya tidak bisa terdeteksi.

Informasi tentang bagaimana cara melacak HP dengan IMEI di atas tentu akan sangat berguna untuk mengetahui keberadaan HP yang hilang. Sebagai langkah antisipasi, mulai saat ini ingat-ingat nomor IMEI HP kamu atau catat dan simpan catatannya ya. Karena ternyata fungsinya sangat penting!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top