Cara Mengaktifkan Assistive Touch di iPhone Semua Tipe

Hadiyan Dicky

Assistive Touch adalah salah satu fitur hebat yang disediakan oleh iPhone untuk memudahkan pengguna dalam mengakses berbagai fungsi perangkat. Fitur ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah fisik atau kesulitan menggunakan tombol fisik pada iPhone mereka. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengaktifkan Assistive Touch di iPhone.

Sebelum kita memulai, pastikan bahwa perangkat iPhone Kalian sudah terhubung ke internet dan sudah diperbarui ke versi terbaru dari sistem operasi iOS. Langkah-langkah yang kami berikan di sini berlaku untuk iPhone yang menjalankan iOS 14 atau versi di atasnya. Jika Kalian menggunakan versi yang lebih lama, beberapa langkah mungkin sedikit berbeda.

Cara Mengaktifkan Assistive Touch di iPhone Semua Tipe

Kurang lebih ada 6 urutan langkah untuk cara mengaktifkan ssisitve touch di iPhone, antara lain langkahnya sebagai berikut:

1. Buka Pengaturan iPhone Kalian

Langkah pertama yang perlu Kalian lakukan adalah membuka aplikasi Pengaturan pada iPhone Kalian. Aplikasi Pengaturan biasanya terlihat seperti ikon gigi dan biasanya terletak di layar Beranda atau di folder Utilities.

Untuk mengaktifkan Assistive Touch di iPhone Kalian, Kalian perlu membuka aplikasi Pengaturan. Caranya cukup sederhana, cukup ketuk ikon Pengaturan yang terletak di layar Beranda atau di dalam folder Utilities. Ikon Pengaturan biasanya terlihat seperti gigi yang berputar. Setelah Kalian menemukannya, ketuk ikon tersebut untuk membuka aplikasi Pengaturan.

Dalam aplikasi Pengaturan, Kalian akan menemukan berbagai opsi pengaturan untuk perangkat iPhone Kalian. Ini adalah tempat di mana Kalian dapat mengubah berbagai pengaturan seperti Wi-Fi, Bluetooth, Notifikasi, dan lainnya. Untuk mengaktifkan Assistive Touch, kita perlu memilih opsi yang tepat dalam daftar pengaturan.

2. Pilih “Accessibility”

Setelah Kalian membuka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi “Accessibility”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Selanjutnya, gulir ke bawah di aplikasi Pengaturan dan cari opsi “Accessibility”. Opsi ini biasanya terletak di bagian kedua dari daftar pengaturan. Ketuk opsi “Accessibility” untuk melanjutkan.

Setelah Kalian membuka aplikasi Pengaturan, gulir ke bawah hingga Kalian menemukan opsi “Accessibility”. Opsi ini biasanya terletak di bagian tengah daftar pengaturan. Ketuk opsi “Accessibility” untuk melanjutkan.

3. Ketuk “Touch”

Di bawah opsi “Accessibility”, Kalian akan menemukan beberapa opsi lainnya. Cari dan ketuk opsi “Touch”.

Selanjutnya, ketuk opsi “Touch” yang berada di bawah opsi “Accessibility”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Setelah Kalian memilih opsi “Accessibility”, Kalian akan melihat beberapa opsi lain yang terkait dengan aksesibilitas pada iPhone Kalian. Di antara opsi-opsi ini, cari dan ketuk opsi “Touch”.

4. Pilih “AssistiveTouch”

Selanjutnya, Kalian akan melihat opsi “AssistiveTouch” di bagian atas daftar opsi “Touch”. Ketuk opsi ini untuk mengakses pengaturan Assistive Touch.

Dalam opsi “Touch”, Kalian akan menemukan beberapa pengaturan yang terkait dengan fungsi sentuh pada iPhone Kalian. Di bagian atas daftar pengaturan ini, Kalian akan melihat opsi “AssistiveTouch”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Di bawah opsi “Touch”, Kalian akan menemukan daftar pengaturan yang berhubungan dengan fungsi sentuh pada iPhone Kalian. Di bagian atas daftar ini, Kalian akan melihat opsi “AssistiveTouch”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

5. Aktifkan Assistive Touch

Di halaman pengaturan Assistive Touch, aktifkan tombol “AssistiveTouch” dengan menggeser tombol ke posisi “On” (hijau). Setelah Kalian mengaktifkannya, Kalian akan melihat ikon Assistive Touch yang muncul di layar iPhone Kalian.

Sekarang, di halaman pengaturan AssistiveTouch, Kalian akan melihat tombol “AssistiveTouch” yang terletak di bagian atas. Geser tombol ini ke posisi “On” (hijau) untuk mengaktifkan Assistive Touch di iPhone Kalian.

Pada halaman pengaturan Assistive Touch, Kalian akan melihat sebuah tombol bernama “AssistiveTouch”. Geser tombol ini ke posisi “On” (hijau) untuk mengaktifkan Assistive Touch di iPhone Kalian.

6. Sesuaikan Pengaturan Assistive Touch

Kalian juga dapat menyesuaikan pengaturan Assistive Touch sesuai dengan kebutuhan Kalian. Untuk melakukannya, kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch dan ketuk opsi “Customize Top Level Menu”. Di sini, Kalian dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah posisi ikon yang ditampilkan di menu utama Assistive Touch.

Setelah Kalian mengaktifkan Assistive Touch, Kalian dapat menyesuaikan pengaturan sesuai dengan preferensi Kalian. Kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch dan ketuk opsi “Customize Top Level Menu”. Di sini, Kalian akan melihat daftar ikon yang dapat ditambahkan atau dihapus dari menu utama Assistive Touch.

Setelah mengaktifkan Assistive Touch, Kalian juga dapat menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Kalian. Kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch dan ketuk opsi “Customize Top Level Menu”. Di sini, Kalian dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah posisi ikon yang ditampilkan di menu utama Assistive Touch.

7. Gunakan Assistive Touch

Sekarang, Kalian dapat langsung menggunakan Assistive Touch pada iPhone Kalian. Ketuk ikon Assistive Touch yang muncul di layar untuk membuka menu utama dan akses berbagai fungsi seperti Mengunci Layar, Volume, Screenshot, dan masih banyak lagi.

Setelah mengaktifkan Assistive Touch, Kalian dapat langsung menggunakannya pada iPhone Kalian. Untuk mengakses menu utama Assistive Touch, cukup ketuk ikon yang muncul di layar. Ini akan membuka menu dengan berbagai fungsi yang dapat Kalian akses dengan mudah.

Sekarang, setelah mengaktifkan Assistive Touch, Kalian dapat langsung menggunakannya pada iPhone Kalian. Ketuk ikon Assistive Touch yang muncul di layar untuk membuka menu utama. Di dalam menu ini, Kalian akan menemukan berbagai fungsi yang dapat Kalian akses dengan mudah seperti Mengunci Layar, Volume, Screenshot, dan lainnya.

Menonaktifkan Assistive Touch

Jika Kalian ingin menonaktifkan Assistive Touch, kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch dan geser tombol “AssistiveTouch” ke posisi “Off”. Ikon Assistive Touch akan menghilang dari layar iPhone Kalian.

Untuk menonaktifkan Assistive Touch, kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch. Di sini, geser tombol “AssistiveTouch” ke posisi “Off”. Setelah Kalian melakukannya, ikon Assistive Touch akan hilang dari layar iPhone Kalian.

Jika Kalian ingin menonaktifkan Assistive Touch, cukup kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch. Di sini, Kalian akan melihat tombol “AssistiveTouch” yang masih berada di posisi “On” (hijau). Geser tombol ini ke posisi “Off” untuk menonaktifkan Assistive Touch. Setelah Kalian melakukannya, ikon Assistive Touch akan hilang dari layar iPhone Kalian.

Beberapa Masalah Yang Sering Terjadi dan Solusinya

Beberapa pengguna mungkin menghadapi masalah saat menggunakan Assistive Touch yang menyebabkan mereka kebingungan, antara lain beberapa masalah tersebut yaitu :

Ikon Assistive Touch Tidak Merespons

Jika Kalian mengalami masalah dengan ikon Assistive Touch yang tidak merespons, ada beberapa solusi yang dapat Kalian coba.

Pertama, coba restart iPhone Kalian dengan menekan dan menahan tombol daya (power) hingga Kalian melihat slider “Matikan”. Geser slider untuk mematikan iPhone, kemudian nyalakan kembali setelah beberapa detik. Jika masalah masih persisten, pastikan bahwa perangkat Kalian menjalankan versi terbaru dari iOS. Pergi ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak untuk memeriksa pembaruan yang tersedia.

Apabila ikon Assistive Touch masih tidak merespons setelah Kalian melakukan restart dan memperbarui iOS, cobalah menghapus dan mengaktifkannya kembali. Kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch, geser tombol “AssistiveTouch” ke posisi “Off”, dan tunggu beberapa detik sebelum menggesernya kembali ke posisi “On”. Hal ini dapat membantu memperbaiki masalah yang terkait dengan ikon Assistive Touch yang tidak merespons.

Assistive Touch Tidak Muncul di Layar

Jika Kalian mengaktifkan Assistive Touch namun ikonnya tidak muncul di layar iPhone Kalian, ada beberapa langkah yang dapat Kalian coba. Pertama, pastikan bahwa Kalian telah mengaktifkannya dengan benar melalui pengaturan. Kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch dan pastikan tombol “AssistiveTouch” berada dalam posisi “On” (hijau).

Jika Kalian telah mengaktifkan Assistive Touch dengan benar namun ikonnya masih tidak muncul di layar, coba periksa apakah Kalian telah menyesuaikan pengaturan ikon menu utama. Kembali ke halaman pengaturan Assistive Touch dan ketuk opsi “Customize Top Level Menu”. Di sini, Kalian dapat menambahkan, menghapus, atau mengubah posisi ikon yang ditampilkan di menu utama Assistive Touch. Pastikan bahwa ikon yang ingin Kalian tampilkan telah ditambahkan ke menu utama.

Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas Assistive Touch masih tidak muncul di layar, cobalah untuk mematikan dan menghidupkan kembali perangkat iPhone Kalian. Tekan dan tahan tombol daya (power) hingga muncul slider “Matikan”. Geser slider untuk mematikan iPhone, tunggu beberapa detik, lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol daya. Setelah iPhone Kalian menyala, periksa apakah ikon Assistive Touch muncul di layar.

Penutup

Semoga panduan ini membantu Kalian untuk mengaktifkan Assistive Touch di iPhone Kalian. Jangan ragu untuk mengeksplorasi fitur ini dan menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan Kalian. Dengan bantuan Assistive Touch, Kalian dapat menggunakan iPhone Kalian dengan lebih efisien dan menjalankan berbagai fungsi perangkat dengan lebih mudah.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga Kalian mendapatkan manfaat dari panduan lengkap tentang cara mengaktifkan Assistive Touch di iPhone. Nikmati pengalaman penggunaan iPhone yang lebih mudah dan nyaman dengan bantuan Assistive Touch!

Hadiyan Dicky

Lulusan S1 Sarjana Komputer (S.Kom) yang telah berpengalaman menekuni bidang teknologi sejak 6 tahun lalu.

Tinggalkan komentar