Cara Menghilangkan Iklan di HP yang Tiba-tiba Muncul

Hadiyan Dicky

Cara Menghilangkan Iklan di HP
Cara Menghilangkan Iklan di HP

Bagi pengguna Android, kemunculan iklan dengan frekuensi yang relatif sering pasti akan mengganggu. Untuk itu, mungkin Anda membutuhkan cara menghilangkan iklan di HP yang bisa dipraktekkan secara mandiri dengan mudah dan tidak ribet.

Iklan yang muncul pada perangkat sendiri bisa terjadi karena beberapa kemungkinan. Mulai dari adanya aplikasi tidak dikenal hingga karena pengguna sehabis mengunjungi situs yang tidak aman. Untuk mengatasi kemunculan iklan yang mengganggu ini, Anda bisa menggunakan beberapa cara berikut!

Cara Menghilangkan Iklan di HP

HP adalah perangkat yang sering digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan penting hingga menyenangkan. Untuk itu, kemunculan iklan secara tiba-tiba pasti akan sangat mengganggu dan membuat pengguna tidak nyaman.

Terlebih dari itu, iklan yang sering muncul di HP juga bisa menandakan bahwa perangkat terkena malware. Untuk menghindari resiko-resiko ini dan membuat kegiatan mengoperasikan HP semakin lancar dan nyaman, simak beberapa cara untuk menghilangkan iklan di HP berikut ini:

1. Hapus Aplikasi Mencurigakan

Cara pertama yang bisa digunakan untuk menghilangkan iklan di HP adalah dengan menghapus aplikasi yang dicurigai sebagai pembawa munculnya iklan tersebut. Umumnya, ini berasal dari aplikasi ilegal yang tidak terdapat di Playstore dan dikembangkan oleh pihak ketiga.

Apabila terdapat beberapa aplikasi sekaligus yang didapatkan secara ilegal, maka Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut:

  • Hapus salah satu aplikasi yang dicurigai membawa virus hingga dapat menampilkan iklan
  • Restart perangkat dan perhatikan apakah masih terdapat iklan setelah perangkat menyala lagi
  • Jika masih ada, coba hapus aplikasi ilegal lainnya dan mengulangi proses di atas hingga iklan tidak muncul lagi
  • Setelah menemukan aplikasi yang bermasalah dan menghapusnya, Anda bisa menginstal kembali aplikasi tidak bermasalah yang sudah terlanjur dihapus

2. Mengubah Private DNS

Cara menghilangkan iklan di HP tanpa menggunakan aplikasi yang banyak digunakan dan ampuh untuk memblokir iklan pada Android adalah dengan mengubah Private DNS. Nantinya, DNS akan diubah menjadi layanan pemblokiran iklan.

Namun walau tidak memerlukan aplikasi, metode ini hanya bisa dipraktekkan pada perangkat Android 9 Pie ke atas. Pasalnya tidak semua versi OS perangkat telah dilengkapi dengan pengaturan Private DNS.

  • Buka pengaturan dan pilihlah ‘Connection and Internet’ kemudian klik ‘Next’
  • Pilih ‘Private DNS’ dan klik opsi ‘Private DNS Provider Hostname’
  • Selanjutnya, masukkan ‘us.adhole.org’ atau ‘dns.adguard.com’
  • Klik ‘Save’ untuk menyimpan perubahan

Apabila cara di atas berhasil, maka Anda sudah tidak akan mendapati iklan lagi dalam aplikasi ataupun web browser.

3. Menggunakan Play Protect

Dalam mengunjungi beberapa situs yang ada di browser, bisa saja Anda tidak sengaja mengunjungi situs yang tidak aman. Jika sudah begitu, maka bisa saja pihak pengembang menyusupi perangkat dengan aplikasi yang tiba-tiba terinstal yang mana di dalamnya terdapat malware.

Untuk menghindari hal ini, Anda bisa menyalakan fitur Google Play Protect agar perangkat selalu terlindungi dari aplikasi-aplikasi tidak dikenal yang bisa membahayakan perangkat. Adapun cara untuk menyalakannya adalah sebagai berikut:

  • Buka Play Store yang ada di perangkat
  • Klik ikon akun Anda yang ada di pojok kanan atas halaman
  • Pilih ‘Play Protect’ dan tunggu pemindaian
  • Klik ikon setting yang ada di pojok kanan atas halaman
  • Pastikan semua toggle menyala

Anda bisa memilih salah satu cara menghilangkan iklan di HP di atas sesuai dengan yang diinginkan. Jangan lupa untuk memastikan bahwa langkah-langkah yang disebutkan telah dilakukan dengan seksama agar proses lancar dan berhasil. Selamat mencoba!

Hadiyan Dicky

Lulusan S1 Sarjana Komputer (S.Kom) yang telah berpengalaman menekuni bidang teknologi sejak 6 tahun lalu.

Tinggalkan komentar