Cara Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik Yang Benar dan Mudah

immazzurra.com

Cara Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik
Cara Reset iPhone ke Pengaturan Pabrik

Saat pengguna iPhone mengalami masalah dengan perangkatnya, salah satu solusi yang sering direkomendasikan adalah mereset iPhone ke pengaturan pabrik.

Reset ke pengaturan pabrik dapat menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone, mengembalikan perangkat ke kondisi awal seperti saat pertama kali dibeli.

Namun, sebelum melakukan reset, penting untuk memahami langkah-langkah yang tepat agar tidak kehilangan data yang penting. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara reset iPhone ke pengaturan pabrik.

Persiapan Sebelum Mereset iPhone

Sebelum memulai proses reset, ada beberapa persiapan yang perlu Kalian lakukan.

Pertama, pastikan Kalian telah melakukan backup semua data penting yang ada di iPhone, seperti kontak, foto, video, dan file lainnya. Kalian dapat melakukan backup melalui iCloud atau iTunes.

Untuk melakukan backup melalui iCloud, pastikan iPhone terhubung ke Wi-Fi dan buka aplikasi “Pengaturan”. Ketuk nama Kalian di bagian atas layar dan pilih “iCloud”. Gulir ke bawah dan aktifkan opsi “iCloud Backup”. Ketuk “Buat Backup Sekarang” untuk memulai proses backup.

Untuk melakukan backup melalui iTunes, sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB dan buka iTunes. Klik ikon iPhone di bagian atas layar dan pilih “Summary”. Di bagian “Backups”, pilih opsi “This Computer” dan klik “Back Up Now” untuk memulai proses backup.

Selain melakukan backup, pastikan juga iPhone Kalian memiliki daya baterai yang cukup atau sambungkan ke sumber daya listrik agar proses reset tidak terhenti karena kehabisan daya.

Kami merekomendasikan untuk memiliki setidaknya 50% daya baterai sebelum memulai reset. Jika iPhone Kalian memiliki daya baterai yang rendah, sambungkan ke pengisi daya atau sambungkan ke komputer melalui kabel USB untuk menghindari kehabisan daya selama proses reset.

Dengan melakukan persiapan ini, Kalian dapat memastikan bahwa data Kalian aman dan proses reset akan berjalan lancar.

Cara Reset iPhone Ke Pengaturan Pabrik Terlengkap

Kurang lebih ada 7 macam cara reset iphone ke pengaturan pabrik yang akan kita bahas dan semuanya bisa dipilih sesuai kebutuhan. Antara lain cara cara tersebut yakni sebagai berikut :

1. Melalui Pengaturan

Urutan pertama untuk cara reset iphone ke pengaturan pabrik yaitu melalui menu pengaturan bawaan iphone itu sendiri. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1: Buka aplikasi “Pengaturan”

Untuk mengatur ulang iPhone melalui pengaturan, pertama-tama buka aplikasi “Pengaturan” di layar utama iPhone Kalian. Aplikasi “Pengaturan” memiliki ikon berwarna abu-abu dengan simbol roda gigi di dalamnya. Cari ikon ini dan ketuk untuk membuka aplikasi.

Langkah 2: Gulir ke bawah dan pilih “Umum”

Setelah membuka aplikasi “Pengaturan”, gulir ke bawah pada daftar pengaturan hingga Kalian menemukan opsi “Umum”. Ketuk opsi “Umum” untuk melanjutkan.

Langkah 3: Pilih opsi “Reset”

Di dalam menu “Umum”, gulir lagi ke bawah hingga Kalian menemukan opsi “Reset”. Opsi “Reset” akan memiliki ikon segitiga merah dengan latar belakang putih. Ketuk opsi “Reset” untuk melihat pilihan reset yang tersedia.

Langkah 4: Pilih opsi “Erase All Content and Settings”

Di dalam opsi “Reset”, Kalian akan menemukan beberapa pilihan reset yang berbeda. Pilih opsi “Erase All Content and Settings” untuk menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone. Pastikan Kalian telah melakukan backup data penting sebelum melanjutkan.

Langkah 5: Masukkan kode keamanan atau kode akses

Setelah memilih opsi “Erase All Content and Settings”, iPhone akan meminta Kalian untuk memasukkan kode keamanan atau kode akses. Masukkan kode dengan benar untuk melanjutkan proses reset. Jika Kalian tidak mengatur kode keamanan atau kode akses sebelumnya, Kalian dapat langsung melanjutkan tanpa memasukkan kode.

Langkah 6: Konfirmasi reset

Setelah memasukkan kode keamanan atau kode akses, iPhone akan menampilkan konfirmasi reset. Konfirmasi ini akan memberi tahu Kalian bahwa proses reset akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone. Pastikan Kalian telah melakukan backup data penting sebelum melanjutkan. Jika Kalian yakin ingin melanjutkan, ketuk opsi “Erase iPhone” atau “Erase Now” untuk memulai proses reset.

Langkah 7: Tunggu hingga proses reset selesai

Setelah Kalian mengkonfirmasi reset, iPhone akan mulai menghapus semua data dan pengaturan yang ada. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah data yang ada di iPhone Kalian.

Pastikan iPhone tetap terhubung ke sumber daya listrik atau memiliki daya baterai yang mencukupi selama proses reset. Jika proses reset terputus karena kehabisan daya, data dapat rusak dan tidak dapat dipulihkan. Tunggu hingga proses reset selesai dan jangan matikan iPhone sampai Kalian melihat layar “Halo” yang menandakan bahwa reset selesai.

2. Melalui iTunes

Jika iPhone Kalian mengalami masalah yang tidak memungkinkan Kalian mengakses pengaturan, Kalian dapat mengatur ulang iPhone melalui iTunes di komputer. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1: Buka iTunes di komputer Kalian

Untuk mengatur ulang iPhone melalui iTunes, pertama-tama buka aplikasi iTunes di komputer Kalian. Aplikasi iTunes biasanya dapat ditemukan di folder “Program Files” (Windows) atau “Applications” (Mac).

Langkah 2: Sambungkan iPhone ke komputer

Sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB yang disertakan. Pastikan koneksi antara iPhone dan komputer terjalin dengan baik. Jika koneksi tidak terjalin, pastikan kabel USB yang digunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jika masih tidak berhasil, coba gunakan port USB yang berbeda di komputer Kalian.

Langkah 3: Pilih iPhone di iTunes

Setelah iPhone terhubung ke komputer, iTunes akan mendeteksinya dan menampilkan ikon iPhone di bagian atas layar. Klik ikon iPhone untuk masuk ke menu pengaturan perangkat.

Langkah 4: Pilih opsi “Restore iPhone”

Di menu pengaturan perangkat, Kalian akan melihat beberapa tab di bagian atas layar, seperti “Summary”, “Music”, “Movies”, dan lain-lain. Pilih tab “Summary” untuk melihat ringkasanpengaturan perangkat. Di bagian “Ringkasan”, Kalian akan melihat beberapa opsi, termasuk opsi “Restore iPhone”. Klik opsi ini untuk memulai proses reset.

Langkah 5: Konfirmasi reset

Setelah Kalian memilih opsi “Restore iPhone”, iTunes akan menampilkan konfirmasi reset. Konfirmasi ini akan memberi tahu Kalian bahwa proses reset akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone. Pastikan Kalian telah melakukan backup data penting sebelum melanjutkan. Jika Kalian yakin ingin melanjutkan, klik opsi “Restore” atau “Erase” untuk memulai proses reset.

Langkah 6: Tunggu hingga proses reset selesai

Setelah Kalian mengkonfirmasi reset, iTunes akan mulai menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah data yang ada di iPhone Kalian.

Pastikan iPhone tetap terhubung ke komputer dan tidak terputus selama proses reset. Jangan matikan komputer atau cabut kabel USB saat proses reset sedang berlangsung. Tunggu hingga proses reset selesai dan jangan lepaskan iPhone dari komputer sampai Kalian melihat layar “Halo” yang menandakan bahwa reset selesai.

3. Melalui Mode Recovery

Jika iPhone mengalami masalah serius yang tidak dapat diatasi dengan mengatur ulang melalui pengaturan atau iTunes, Kalian dapat mencoba mengatur ulang melalui mode recovery.

Mode recovery memungkinkan Kalian untuk memulihkan iPhone dengan menggunakan firmware yang sudah diunduh dan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di perangkat.

Namun, perlu diingat bahwa proses ini akan menghapus semua data yang ada di iPhone, termasuk data yang belum Kalian backup. Jika sudah yakin untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1: Sambungkan iPhone ke komputer

Sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB yang disertakan. Pastikan koneksi antara iPhone dan komputer terjalin dengan baik. Jika koneksi tidak terjalin, pastikan kabel USB yang digunakan dalam kondisi baik dan tidak rusak. Jika masih tidak berhasil, coba gunakan port USB yang berbeda di komputer Kalian.

Langkah 2: Matikan iPhone

Matikan iPhone dengan menekan dan menahan tombol Power (Sleep/Wake) hingga muncul slider “Slide to Power Off”. Geser slider ke kanan untuk mematikan iPhone sepenuhnya.

Langkah 3: Masuk ke mode recovery

Setelah iPhone dimatikan, tahan tombol Home dan sambungkan kabel USB ke iPhone. Jika iPhone Kalian adalah model terbaru yang tidak memiliki tombol Home, tahan tombol Volume Down daripada tombol Home. Lanjutkan menahan tombol hingga Kalian melihat layar “Sambungkan ke iTunes” atau ikon kabel USB ke iTunes.

Langkah 4: Buka iTunes di komputer Kalian

Setelah iPhone berada dalam mode recovery, buka aplikasi iTunes di komputer Kalian. iTunes akan mendeteksi iPhone dalam mode recovery dan menampilkan pesan bahwa iPhone dalam mode pemulihan ditemukan. Kalian akan diberikan pilihan untuk memulihkan iPhone.

Langkah 5: Pilih opsi “Restore iPhone”

Di layar iTunes, Kalian akan melihat tombol “Restore iPhone”. Klik tombol ini untuk memulai proses reset. iTunes akan mengunduh firmware terbaru untuk iPhone Kalian dan menginstalnya. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa saat tergantung pada kecepatan internet dan ukuran firmware.

Langkah 6: Konfirmasi reset

Setelah proses pengunduhan selesai, iTunes akan menampilkan konfirmasi reset. Konfirmasi ini akan memberi tahu Kalian bahwa proses reset akan menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone. Pastikan Kalian telah melakukan backup data penting sebelum melanjutkan. Jika Kalian yakin ingin melanjutkan, klik opsi “Restore” atau “Erase” untuk memulai proses reset.

Langkah 7: Tunggu hingga proses reset selesai

Setelah Kalian mengkonfirmasi reset, iTunes akan mulai menghapus semua data dan pengaturan yang ada di iPhone. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit tergantung pada jumlah data yang ada di iPhone Kalian.

4. Mengatur ulang iPhone Tanpa Apple ID

Jika Kalian tidak dapat mengingat kata sandi Apple ID yang terhubung dengan iPhone, Kalian masih dapat mengatur ulang iPhone ke pengaturan pabrik.

Namun, perlu diingat bahwa proses reset ini akan menghapus semua data yang ada di iPhone dan Kalian tidak akan dapat menggunakan data backup yang terkait dengan Apple ID tersebut.

Untuk mengatur ulang iPhone tanpa Apple ID, Kalian perlu mengikuti langkah-langkah yang sama seperti reset biasa melalui pengaturan atau iTunes, namun ketika diminta untuk memasukkan kata sandi Apple ID, pilih opsi “Skip This Step” atau “Forgot Apple ID or Password”.

5. Menggunakan Find My iPhone

Jika Kalian khawatir iPhone Kalian jatuh ke tangan yang salah dan ingin menghapus semua data dari jarak jauh sebelum mengatur ulang, Kalian dapat menggunakan fitur “Find My iPhone”.

Fitur ini memungkinkan Kalian untuk mengontrol iPhone dari perangkat lain, seperti komputer atau perangkat iOS lainnya. Untuk caranya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Buka aplikasi “Find My” di perangkat lain atau akses situs web “icloud.com/find” -> Masuk dengan akun Apple ID yang terhubung dengan iPhone yang ingin direset -> Pilih iPhone dari daftar perangkat yang terhubung dan klik opsi “Erase iPhone” untuk menghapus semua data dari iPhone secara jarak jauh -> Tunggu proses bertuliskan selesai.

6. Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Jika Kalian ingin mengatur ulang iPhone dengan lebih banyak pilihan dan fitur tambahan, Kalian juga dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Terdapat berbagai perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengatur ulang iPhone ke pengaturan pabrik dengan mudah dan cepat.

Beberapa perangkat lunak ini juga memungkinkan Kalian untuk memulihkan data dari backup setelah proses reset selesai.

Namun, pastikan untuk memilih perangkat lunak yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Kalian. Cari ulasan pengguna dan peringkat untuk memastikan kehandalan dan keamanan perangkat lunak sebelum menggunakannya.

7. Mereset iPhone Untuk Dijual

Jika Kalian berniat menjual iPhone Kalian, sangat penting untuk mengatur ulang iPhone ke pengaturan pabrik sebelumnya.

Mengatur ulang iPhone akan menghapus semua data pribadi dan pengaturan yang ada di perangkat, sehingga Kalian tidak perlu khawatir data pribadi Kalian jatuh ke tangan yang salah.

Pastikan juga untuk mencopot iPhone dari akun Apple ID Kalian sebelum menjualnya. Kalian dapat melakukannya melalui pengaturan iPhone atau melalui situs web iCloud.

Untuk cara mereset iphone ke pengaturan pabrik dengan tujuan dijual kalian tinggal pilih saja semua langkah diatas mana yang menurut kalian simpel barulah setelah selesai kalian bisa menjual iphone kalian dengan aman tanpa takut data kalian jatuh ke tangan yang tidak bertanggung jawab.

Cara Memulihkan Data Setelah Reset iPhone

Jika Kalian telah melakukan reset iPhone ke pengaturan pabrik dan ingin memulihkan data yang telah Kalian backup sebelumnya, ada beberapa metode yang dapat Kalian gunakan.

  • Pertama jika melakukan backup melalui iCloud, Kalian dapat memulihkan data dengan masuk ke pengaturan iPhone dan memilih opsi “Restore from iCloud Backup”. Kalian akan diminta untuk masuk dengan akun Apple ID yang digunakan untuk melakukan backup dan memilih backup yang ingin Kalian pulihkan. Proses ini akan memulihkan semua data yang disimpan di backup, termasuk aplikasi, kontak, foto, dan lain-lain.
  • Selanjutnya jika melakukan backup melalui iTunes, Kalian dapat memulihkan data dengan menghubungkan iPhone ke komputer dan membuka iTunes. Klik ikon iPhone di bagian atas layar dan pilih opsi “Restore Backup”. iTunes akan menampilkan daftar backup yang tersedia, pilih backup yang ingin Kalian pulihkan. Pastikan backup yang Kalian pilih sesuai dengan data yang ingin Kalian pulihkan. Klik “Restore” untuk memulai proses pemulihan data. Proses ini akan mengembalikan semua data yang ada di backup ke iPhone Kalian.

Perlu diingat bahwa saat memulihkan data setelah reset, pastikan iPhone Kalian terhubung ke sumber daya listrik atau memiliki daya baterai yang mencukupi.

Proses pemulihan data dapat memakan waktu tergantung pada ukuran backup dan kecepatan internet Kalian. Jangan putuskan koneksi atau matikan iPhone Kalian saat proses pemulihan sedang berlangsung. Setelah proses pemulihan selesai, iPhone Kalian akan kembali dengan data yang telah Kalian pulihkan.

Tips Setelah Mereset iPhone

Setelah mereset iPhone ke pengaturan pabrik, ada beberapa tips dan trik yang dapat Kalian terapkan untuk memaksimalkan pengalaman menggunakan iPhone yang baru diatur ulang. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang berguna:

1. Atur kembali pengaturan dasar

Setelah reset, pastikan untuk mengatur kembali pengaturan dasar seperti bahasa, zona waktu, dan kecerahan layar. Pergi ke “Pengaturan” dan pilih opsi yang sesuai untuk mengatur ulang pengaturan ini sesuai dengan preferensi Kalian.

2. Unduh ulang aplikasi yang diperlukan

Setelah reset, Kalian perlu mengunduh ulang aplikasi yang diperlukan dari App Store. Buka App Store, cari aplikasi yang ingin Kalian unduh, dan pasang kembali aplikasi tersebut ke iPhone Kalian.

3. Sinkronisasi dengan akun media sosial dan email

Jika Kalian menggunakan akun media sosial atau email di iPhone sebelumnya, pastikan untuk mengatur ulang koneksi dengan akun-akun tersebut. Buka aplikasi yang sesuai, seperti Facebook, Twitter, atau Gmail, dan masuk dengan akun Kalian.

4. Atur ulang preferensi aplikasi

Setelah mengunduh ulang aplikasi, Kalian mungkin perlu mengatur ulang preferensi dan pengaturan aplikasi sesuai dengan kebutuhan Kalian. Buka aplikasi yang ingin Kalian atur ulang dan cari opsi pengaturan di dalamnya.

5. Pasang ulang widget dan shortcut

Jika Kalian menggunakan widget atau shortcut di layar Beranda sebelumnya, Kalian perlu memasang ulang widget dan shortcut tersebut setelah reset. Caranya adalah dengan menekan dan menahan area kosong di layar Beranda hingga aplikasi bergetar, lalu tekan ikon “+” di pojok kiri atas layar untuk menambahkan widget atau shortcut yang Kalian inginkan.

6. Atur ulang wallpaper dan nada dering

Jangan lupa untuk mengatur ulang wallpaper dan nada dering sesuai dengan preferensi Kalian. Buka “Pengaturan” dan pilih opsi yang sesuai untuk mengganti wallpaper dan nada dering.

7. Aktifkan fitur keamanan

Saat mengatur ulang iPhone, pastikan untuk mengaktifkan fitur keamanan seperti Touch ID atau Face ID. Fitur ini akan membantu melindungi privasi dan keamanan perangkat Kalian.

8. Kelola ruang penyimpanan

Setelah reset, periksa penggunaan ruang penyimpanan di iPhone Kalian. Jika Kalian memiliki banyak file atau aplikasi yang tidak diperlukan, hapus yang tidak perlu untuk mengoptimalkan ruang penyimpanan dan kinerjaperangkat. Buka aplikasi “Pengaturan”, ketuk “Umum”, dan pilih “Penyimpanan iPhone”. Di sini, Kalian akan melihat penggunaan ruang penyimpanan dan daftar aplikasi yang menggunakan ruang penyimpanan terbanyak. Hapus aplikasi atau file yang tidak diperlukan untuk mengosongkan ruang penyimpanan.

9. Aktifkan fitur backup otomatis

Untuk menghindari kehilangan data di masa mendatang, pastikan untuk mengaktifkan fitur backup otomatis di iPhone Kalian. Kalian dapat memanfaatkan fitur iCloud atau iTunes untuk melakukan backup otomatis secara teratur. Dengan mengaktifkan fitur ini, data Kalian akan terlindungi dan dapat dipulihkan jika Kalian perlu melakukan reset atau perangkat Kalian mengalami masalah.

10. Lakukan pengaturan keamanan tambahan

Selain fitur keamanan bawaan seperti Touch ID atau Face ID, Kalian juga dapat melakukan pengaturan keamanan tambahan pada iPhone Kalian. Misalnya, Kalian dapat mengaktifkan kode kunci yang lebih kuat, mengatur ulang kata sandi Apple ID secara teratur, atau menggunakan fitur Verifikasi Dua Faktor untuk melindungi akun Kalian. Dengan melakukan pengaturan keamanan tambahan, Kalian dapat meningkatkan perlindungan data pribadi Kalian.

11. Jaga kesehatan baterai

Setelah reset, Kalian juga dapat mengambil langkah-langkah untuk menjaga kesehatan baterai iPhone Kalian. Kalian dapat mengaktifkan mode hemat baterai untuk mengurangi konsumsi daya, mengontrol penggunaan aplikasi yang memakan baterai, dan menghindari pengisian baterai berlebihan. Dengan menjaga kesehatan baterai, Kalian dapat memperpanjang umur baterai iPhone Kalian dan meminimalkan masalah terkait daya.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara reset iPhone ke pengaturan pabrik.

Kami telah menjelaskan metode-metode yang dapat Kalian gunakan, mulai dari pengaturan, iTunes, mode recovery, hingga menggunakan perangkat lunak pihak ketiga serta kami juga memberikan tips dan trik setelah mereset iPhone, hingga bagaimana memulihkan data setelah reset.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Kalian dan membantu Kalian dalam mereset iPhone ke pengaturan pabrik. Jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah yang kami berikan dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam mengikuti instruksi yang diberikan.

Jika Kalian memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Apple atau mencari sumber daya online yang dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selamat mereset iPhone Kalian dan semoga berhasil!

immazzurra.com

Suka semua hal tentang Teknologi sudah sejak 2015 jadi sudah memiliki pengalaman 9 Tahun mengatasi beragam macam masalah Teknologi dan selalu mengikuti Update Teknologi terkini.

Tinggalkan komentar