3 Cara Safe Mode Xiaomi Agar Aktif Yang Benar dan Simpel

immazzurra.com

Cara Safe Mode Xiaomi
Cara Safe Mode Xiaomi

Immazzurra.com – Apakah kamu memiliki masalah dengan ponsel Xiaomi kamu dan ingin mencoba memperbaikinya dalam mode aman?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengaktifkan Safe Mode di Xiaomi.

Mode aman adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk memecahkan masalah perangkat dengan membatasi akses aplikasi pihak ketiga.

Jadi, jika kamu mengalami masalah seperti ponsel yang terjebak pada logo boot, aplikasi yang crash terus-menerus, atau kinerja yang buruk, menggunakan safe mode dapat membantu kamu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah tersebut.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa langkah-langkah yang akan kami jelaskan berlaku untuk sebagian besar perangkat Xiaomi yang menjalankan MIUI, termasuk Mi, Redmi, dan Poco. Namun, ada sedikit perbedaan dalam penamaan dan tata letak menu pada beberapa model, jadi pastikan untuk menyesuaikan langkah-langkah ini sesuai dengan perangkat Xiaomi kamu.

Mengapa Menggunakan Safe Mode di Xiaomi?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk memahami mengapa kamu mungkin ingin menggunakan Safe Mode di ponsel Xiaomi kamu. Safe Mode adalah fitur yang berguna ketika kamu mengalami masalah seperti:

1. Ponsel Terjebak pada Logo Boot

Jika ponsel Xiaomi kamu terjebak pada logo boot saat dihidupkan, masuk ke Safe Mode dapat membantu kamu mengidentifikasi apakah masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga yang diinstal.

Dalam Safe Mode, hanya aplikasi bawaan yang dapat berjalan, sehingga kamu dapat menentukan apakah ada aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah.

2. Aplikasi Crash Terus-Menerus

Jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi tertentu yang terus-menerus crash atau tidak berfungsi dengan baik, masuk ke Safe Mode dapat membantu kamu menentukan apakah aplikasi tersebut menjadi penyebab masalah.

Dalam Safe Mode, hanya aplikasi bawaan yang berjalan, sehingga jika aplikasi pihak ketiga tidak crash di Safe Mode, kemungkinan besar masalahnya terletak pada aplikasi tersebut.

3. Kinerja Ponsel yang Buruk

Jika ponsel Xiaomi kamu mengalami kinerja yang buruk, seperti lambat merespons atau sering mengalami lag, masuk ke Safe Mode dapat membantu kamu memeriksa apakah masalahnya disebabkan oleh aplikasi pihak ketiga.

Dalam Safe Mode, hanya aplikasi bawaan yang berjalan, sehingga kamu dapat mengetahui apakah ada aplikasi yang membebani sistem dan mempengaruhi kinerja ponsel kamu.

Mengaktifkan Safe Mode Menggunakan Tombol Power

Metode pertama yang akan kita bahas adalah mengaktifkan Safe Mode menggunakan tombol Power pada perangkat Xiaomi kamu. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Tekan dan Tahan Tombol Power

Pertama, tekan dan tahan tombol Power pada perangkat Xiaomi kamu. Kamu akan melihat menu Power muncul di layar.

2. Tahan Tombol “Matikan” atau “Restart”

Ketika menu Power muncul, tahan tombol “Matikan” atau “Restart” yang muncul di layar. Biasanya, kamu perlu menekan dan menahan tombol ini selama beberapa detik.

3. Pilih “Reboot to Safe Mode”

Setelah kamu menahan tombol “Matikan” atau “Restart”, kamu akan melihat opsi “Reboot to Safe Mode” muncul di layar. Ketuk opsi ini untuk memasuki Safe Mode.

Mengaktifkan Safe Mode Menggunakan Pengaturan

Jika metode pertama tidak berhasil atau kamu tidak dapat menggunakan tombol Power pada perangkat Xiaomi kamu, kamu dapat mencoba mengaktifkan Safe Mode melalui pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka “Pengaturan” pada Perangkat Xiaomi Kamu

Langkah pertama adalah membuka aplikasi “Pengaturan” pada perangkat Xiaomi kamu. Biasanya, ikon aplikasi ini berbentuk roda gigi dan dapat ditemukan di layar beranda atau dalam daftar aplikasi.

2. Cari Opsi “Tentang Telepon”

Setelah membuka “Pengaturan”, gulir ke bawah dan cari opsi “Tentang telepon” atau “Tentang perangkat”. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian bawah atau tengah layar.

3. Buka Opsi “Versi MIUI” atau “Versi ROM MIUI”

Di halaman “Tentang telepon”, cari opsi yang mengacu pada “Versi MIUI” atau “Versi ROM MIUI”. Ketuk opsi ini beberapa kali hingga muncul pesan “Anda sekarang berada di mode pengembang”.

4. Kembali ke Menu “Pengaturan”

Setelah kamu mengaktifkan mode pengembang, kembali ke menu “Pengaturan” dengan menekan tombol kembali pada perangkat Xiaomi kamu. Kemudian, kamu akan melihat opsi baru yang disebut “Opsi pengembang” muncul di bagian bawah atau tengah layar.

5. Buka “Opsi Pengembang” dan Cari “Mode Aman”

Buka “Opsi pengembang” dengan mengetuk opsi ini di menu “Pengaturan”. Gulir ke bawah hingga kamu menemukan opsi “Mode aman”. Aktifkan opsi ini untuk memasuki Safe Mode.

Mengaktifkan Safe Mode Menggunakan Kombinasi Tombol

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil, kamu dapat menggunakan kombinasi tombol untuk mengaktifkan Safe Mode di perangkat Xiaomi kamu. Berikut langkah-langkahnya:

1. Matikan Perangkat Xiaomi Kamu

Pertama, matikan perangkat Xiaomi kamu sepenuhnya dengan menekan tombol Power dan memilih opsi “Matikan”. Pastikan perangkat kamu benar-benar mati sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Tekan dan Tahan Tombol Volume Up dan Power

Tekan dan tahan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan. Tahan kedua tombol ini hingga kamu melihat logo MI muncul di layar perangkat Xiaomi kamu.

3. Tahan Tombol Volume Up Hingga Masuk ke Safe Mode

Setelah melihat logo MI, lepaskan tombol Power tetapi tetap tahan tombol Volume Up. Tahan tombol Volume Up hingga perangkat Xiaomi kamu masuk ke Safe Mode. Kamu akan melihat tulisan “Safe Mode” di sudut kiri bawah layar.

Penutup

Demikianlah dalam artikel ini telah kami jelaskan bagaiaman cara safe mode xiaomi bisa diaktifkan secara rinci dan lengkap, semoga bermanfaat ya!.

immazzurra.com

Suka semua hal tentang Teknologi sudah sejak 2015 jadi sudah memiliki pengalaman 9 Tahun mengatasi beragam macam masalah Teknologi dan selalu mengikuti Update Teknologi terkini.

Tinggalkan komentar