10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot Agar Tidak Ngelag

Apakah Kalian sering mengalami masalah dengan kecepatan ponsel Xiaomi Kalian yang lambat dan sering ngelag? Jangan khawatir, Kalian tidak sendiri! Banyak pengguna Xiaomi menghadapi masalah yang sama.

Namun, Kalian tidak perlu stress karena ada beberapa cara yang dapat Kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini dan membuat ponsel Xiaomi Kalian berjalan dengan lancar seperti sediakala. 

Dalam artikel ini, kami akan memberikan 10 cara yang efektif untuk mengatasi hp Xiaomi lemot agar tidak ngelag. Yuk langsung saja disimak ya

10 Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot Agar Tidak Ngelag

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot Agar Tidak Ngelag

1. Bersihkan Cache Secara Berkala

Salah satu alasan utama mengapa ponsel Xiaomi Kalian menjadi lemot adalah karena cache yang terakumulasi dari penggunaan aplikasi yang berlebihan. Cache adalah data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk mempercepat waktu respon aplikasi tersebut. Namun, cache yang terlalu banyak dapat membuat ponsel menjadi lambat. Oleh karena itu, pastikan Kalian membersihkan cache secara berkala untuk mempercepat kinerja ponsel Xiaomi Kalian.

Menghapus Cache Aplikasi Satu per Satu

Kalian dapat menghapus cache aplikasi satu per satu dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Aplikasi & Notifikasi.
  3. Pilih Aplikasi Terpasang.
  4. Pilih aplikasi yang ingin Kalian hapus cache-nya.
  5. Pilih Penyimpanan.
  6. Pilih Hapus Cache.

Dengan menghapus cache aplikasi secara individual, Kalian dapat mempercepat kinerja ponsel Xiaomi Kalian dengan menghilangkan data sementara yang tidak diperlukan.

Menghapus Cache Sistem

Selain cache aplikasi, ponsel Xiaomi Kalian juga memiliki cache sistem yang dapat mempengaruhi kinerjanya. Untuk menghapus cache sistem, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Pilih Penyimpanan.
  4. Pilih Cache Data.
  5. Konfirmasikan penghapusan cache sistem dengan memilih Hapus.

Dengan menghapus cache sistem, Kalian dapat membersihkan file-file sementara yang tidak diperlukan dan mempercepat kinerja ponsel Xiaomi Kalian.

2. Perbarui Sistem Operasi

Perbarui sistem operasi ponsel Xiaomi Kalian secara teratur. Pembaruan sistem operasi tidak hanya membawa fitur baru, tetapi juga memperbaiki bug dan masalah keamanan yang dapat mempengaruhi kinerja ponsel. Pastikan Kalian selalu mendapatkan pembaruan terbaru untuk menjaga ponsel Kalian tetap optimal.

Cara Memeriksa Pembaruan Sistem

Untuk memeriksa pembaruan sistem pada ponsel Xiaomi Kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Tentang Ponsel.
  3. Pilih Pembaruan Sistem.
  4. Pilih Periksa Pembaruan Sistem.

Jika ada pembaruan yang tersedia, ikuti petunjuk untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut. Kalian juga dapat mengatur ponsel Xiaomi Kalian agar melakukan pembaruan secara otomatis.

3. Nonaktifkan Aplikasi yang Tidak Digunakan

Ponsel Xiaomi sering kali dilengkapi dengan banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak Kalian gunakan. Aplikasi-aplikasi ini dapat menghabiskan ruang penyimpanan dan sumber daya ponsel Kalian. 

Untuk mengatasi masalah ini, nonaktifkan atau hapus aplikasi-aplikasi yang tidak perlu atau jarang Kalian gunakan. Hal ini akan membantu mempercepat kinerja ponsel Xiaomi Kalian.

Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

Kalian dapat nonaktifkan aplikasi bawaan pada ponsel Xiaomi Kalian dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Aplikasi & Notifikasi.
  3. Pilih Aplikasi Terpasang.
  4. Pilih aplikasi bawaan yang ingin Kalian nonaktifkan.
  5. Pilih Nonaktifkan atau Hapus jika opsi tersebut tersedia.

Dengan menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak digunakan, Kalian dapat menghemat ruang penyimpanan dan mempercepat kinerja ponsel Xiaomi Kalian.

Hapus Aplikasi Bawaan

Jika Kalian ingin menghapus aplikasi bawaan yang tidak digunakan, Kalian perlu melakukan proses yang disebut “debloating”. Proses ini melibatkan penggunaan perintah ADB (Android Debug Bridge) untuk menghapus aplikasi bawaan dari ponsel Xiaomi Kalian. 

Namun, sebelum melanjutkan, penting untuk diketahui bahwa debloating dapat mempengaruhi kinerja ponsel dan membatasi kemampuan tertentu. Jika Kalian tidak yakin, sebaiknya konsultasikan dengan sumber yang terpercaya sebelum melanjutkan.

4. Matikan Animasi

Animasi pada ponsel Xiaomi dapat membuat tampilan lebih menarik, tetapi terkadang juga dapat mempengaruhi kinerja ponsel dengan membuatnya menjadi lambat. Kalian dapat mematikan atau mengurangi animasi pada pengaturan ponsel Xiaomi Kalian untuk meningkatkan kecepatan dan responsifitas.

Mengurangi Durasi dan Skala Animasi

Kalian dapat mengurangi durasi dan skala animasi pada ponsel Xiaomi Kalian dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Tentang Ponsel.
  3. Tap beberapa kali pada Versi MIUI hingga muncul tulisan “Kalian telah menjadi pengembang”.
  4. Kembali ke Pengaturan dan pilih Pengaturan Tambahan.
  5. Pilih Opsi Pengembang.
  6. Pilih Skala Animasi Jendela, Skala Durasi Transisi, dan Skala Durasi Animator.
  7. Kurangi skala animasi menjadi 0.5x atau matikan sepenuhnya dengan memilih Tidak Ada Animasi.

Dengan mengurangi durasi dan skala animasi, Kalian dapat meningkatkan kecepatan tampilan ponsel Xiaomi Kalian dan mengurangi beban pada sistem, sehingga membuatnya lebih responsif.

5. Hapus Aplikasi Berat

Beberapa aplikasi yang Kalian instal mungkin membutuhkan lebih banyak sumber daya dibandingkan dengan yang lain. Jika Kalian memiliki aplikasi yang terlalu berat dan jarang digunakan, lebih baik untuk menghapusnya. Dengan menghapus aplikasi-aplikasi berat, Kalian akan memiliki lebih banyak ruang penyimpanan dan ponsel Xiaomi Kalian akan berjalan lebih lancar.

Identifikasi Aplikasi Berat

Untuk mengidentifikasi aplikasi yang memakan banyak sumber daya dan mempengaruhi kinerja ponsel Xiaomi Kalian, Kalian dapat menggunakan Pengaturan Baterai yang disediakan oleh Xiaomi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Baterai & Kinerja.
  3. Pilih Pemakaian Baterai.
  4. Pilih Aplikasi.

Pada halaman ini, Kalian akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan baterai secara signifikan. Periksa aplikasi-aplikasi tersebut dan pertimbangkan untuk menghapus atau menggantinya dengan alternatif yang lebih ringan.

6. Matikan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis dengan akun-akun seperti email, media sosial, dan cloud storage dapat mempengaruhi kecepatan ponsel Xiaomi Kalian. Matikan sinkronisasi otomatis untuk akun-akun yang tidak perlu atau kurangi frekuensi sinkronisasi untuk menghemat sumber daya dan meningkatkan kinerja ponsel Kalian.

Mengatur Sinkronisasi Otomatis

Untuk mengatur sinkronisasi otomatis pada ponsel Xiaomi Kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Akun.
  3. Pilih akun yang ingin Kalian atur sinkronisasinya.
  4. Matikan sinkronisasi secara keseluruhan dengan memilih Sinkronisasi otomatis.
  5. Atau, jika Kalian ingin mengurangi frekuensi sinkronisasi, pilih aplikasi yang ingin Kalian atur dan atur frekuensi sinkronisasi menjadi lebih jarang.

Dengan mengatur sinkronisasi otomatis, Kalian dapat mengontrol seberapa sering ponsel Xiaomi Kalian melakukan sinkronisasi dengan akun-akun tertentu, sehingga menghemat sumber daya dan meningkatkan kinerja.

7. Matikan Fitur Bluetooth dan GPS

Fitur Bluetooth dan GPS yang selalu aktif dapat menguras baterai dan mempengaruhi kinerja ponsel Xiaomi Kalian. Jika Kalian tidak menggunakan fitur-fitur ini, sebaiknya matikan untuk menghemat baterai dan meningkatkan kecepatan ponsel Kalian.

Matikan Bluetooth

Untuk mematikan Bluetooth pada ponsel Xiaomi Kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Bluetooth.
  3. Tap tombol toggle untuk mematikan Bluetooth.

Dengan mematikan Bluetooth saat tidak digunakan, Kalian dapat menghemat baterai dan meningkatkan kinerja ponsel Xiaomi Kalian.

Matikan GPS

Untuk mematikan GPS pada ponsel Xiaomi Kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Lokasi.
  3. Matikan lokasi dengan memilih Mode Lokasi.
  4. Pilih mode yang paling hemat daya, seperti Mode Baterai Hemat atau Mode Sensor Saja.

Dengan mematikan GPS saat tidak digunakan, Kalian dapat menghemat baterai dan meningkatkan kinerja ponsel Xiaomi Kalian.

8. Gunakan Aplikasi Pembersih dan Penguat Kinerja

Terdapat banyak aplikasi pembersih dan penguat kinerja yang dapat membantu mengoptimalkan ponsel Xiaomi Kalian. Aplikasi-aplikasi ini dapat membersihkan file sampah, mempercepat RAM, dan meningkatkan kecepatan ponsel Kalian secara keseluruhan. Kalian dapat mencari aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Kalian di Play Store.

Ada banyak aplikasi pembersih yang tersedia di Play Store, tetapi tidak semuanya sama efektifnya. Pilih aplikasi pembersih yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain. Beberapa aplikasi pembersih yang populer termasuk Clean Master, CCleaner, dan SD Maid. Pastikan Kalian membaca deskripsi aplikasi, fitur yang ditawarkan, dan ulasan pengguna sebelum mengunduh dan menginstalnya.

9. Restart Ponsel Secara Berkala

Menghidupkan ulang ponsel Xiaomi secara berkala dapat membantu membersihkan memori dan memperbaiki masalah kecil yang dapat mempengaruhi kinerja ponsel Kalian. Restart ponsel setidaknya seminggu sekali untuk menjaga kinerja ponsel Xiaomi Kalian tetap optimal.

Restart Ponsel

Untuk merestart ponsel Xiaomi Kalian, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Tekan dan tahan tombol Power pada ponsel Kalian.
  2. Pilih Restart atau Matikan jika opsi Restart tidak tersedia.
  3. Tunggu beberapa saat hingga ponsel Xiaomi Kalian mati dan hidup kembali.

Dengan melakukan restart secara berkala, Kalian dapat membersihkan memori dan mengoptimalkan kinerja ponsel Xiaomi Kalian.

10. Reset Pabrik

Jika semua upaya di atas tidak memberikan hasil yang diinginkan,Kalian dapat mencoba untuk melakukan reset pabrik pada ponsel Xiaomi Kalian. Namun, sebelum melakukan reset pabrik, pastikan Kalian mencadangkan semua data penting Kalian karena reset pabrik akan menghapus semua data dan pengaturan ponsel Kalian. Reset pabrik merupakan langkah terakhir yang dapat Kalian lakukan untuk mengatasi masalah hp Xiaomi lemot yang sering ngelag.

Cara Melakukan Reset Pabrik

Sebelum melakukan reset pabrik, pastikan Kalian telah mencadangkan semua data penting Kalian. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan reset pabrik pada ponsel Xiaomi Kalian:

  1. Buka Pengaturan pada ponsel Xiaomi Kalian.
  2. Pilih Pengaturan Tambahan.
  3. Pilih Cadangkan & Setel Ulang.
  4. Pilih Setel Ulang Data Pabrik.
  5. Konfirmasikan pengaturan ulang dengan memilih Setel Ulang Telepon.

Proses reset pabrik akan memakan waktu beberapa saat. Setelah selesai, ponsel Xiaomi Kalian akan kembali ke pengaturan awal seperti saat pertama kali Kalian membelinya. Kalian dapat memulihkan data Kalian dari cadangan yang telah Kalian buat sebelumnya.

Penutup

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Kalian seharusnya dapat mengatasi masalah hp Xiaomi lemot yang sering ngelag. Pastikan Kalian menjaga ponsel Xiaomi Kalian agar tetap bersih, menyegarkan sistem operasi, dan mengelola aplikasi dengan bijak.

Ingatlah bahwa setiap ponsel memiliki karakteristik dan pengaturan yang berbeda, jadi pastikan Kalian mengikuti petunjuk yang sesuai dengan model dan versi MIUI ponsel Xiaomi Kalian. 

Jika Kalian masih mengalami masalah setelah mencoba semua langkah di atas, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Xiaomi atau membawa ponsel Kalian ke pusat layanan resmi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Selamat mencoba dan semoga ponsel Xiaomi Kalian kembali berjalan dengan lancar dan responsif!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top