10 Cara Mengecek HP Xiaomi Bekas / Baru Yang Benar

Hadiyan Dicky

Saat ini, Xiaomi telah menjadi salah satu merek smartphone yang populer di Indonesia. Dengan berbagai fitur canggih dan harga yang terjangkau, tak heran jika banyak orang tertarik untuk memiliki HP Xiaomi.

Namun, sebelum membeli HP Xiaomi, penting untuk mengecek keaslian dan keadaan perangkat tersebut.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap cara mengecek HP Xiaomi agar Kalian bisa mendapatkan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Panduan Cara Mengecek HP Xiaomi Bekas / Baru Yang Benar

Kurang lebih ada 10 macam cara mengecek hp xiaomi bekas / baru yang efektif sekali, antara lain bisa kalian simak berikut ini:

1. Mengecek Nomor IMEI

Langkah pertama dalam mengecek keaslian HP Xiaomi adalah dengan memeriksa nomor IMEI. Nomor IMEI merupakan kode unik yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap perangkat.

kalian dapat menemukan nomor IMEI pada kotak kemasan HP Xiaomi atau dengan mengetikkan *#06# pada layar telepon. Pastikan nomor IMEI yang tertera di kotak kemasan sama dengan nomor IMEI yang ditampilkan pada layar telepon.

Nomor IMEI juga dapat memberikan informasi tentang negara asal, produsen, dan model HP Xiaomi yang Kalian miliki.

Jika Kalian ingin mengetahui lebih detail tentang informasi yang terkandung dalam nomor IMEI, Kalian dapat menggunakan layanan online yang menyediakan informasi tentang nomor IMEI. Dengan mengecek nomor IMEI, Kalian dapat memastikan keaslian dan keadaan perangkat HP Xiaomi yang akan Kalian beli.

Mengecek Asal Negara

Salah satu informasi penting yang dapat Kalian peroleh dari nomor IMEI adalah asal negara HP Xiaomi. Dengan mengecek asal negara, Kalian dapat memastikan bahwa HP Xiaomi yang Kalian beli adalah produk resmi dan bukan barang ilegal.

Jika Kalian membeli HP Xiaomi dari toko resmi, biasanya asal negara perangkat akan sesuai dengan tempat pembelian Kalian. Namun, jika Kalian membeli HP Xiaomi dari penjual online atau pihak ketiga, penting untuk memeriksa asal negara agar tidak tertipu dengan produk palsu atau ilegal.

Mengecek Produsen dan Model

Informasi tentang produsen dan model HP Xiaomi juga dapat ditemukan melalui nomor IMEI. Dengan mengecek produsen dan model, Kalian dapat memastikan bahwa HP Xiaomi yang Kalian beli adalah sesuai dengan yang Kalian harapkan.

Setiap produsen dan model HP Xiaomi memiliki reputasi dan karakteristik yang berbeda. Jika Kalian ingin memiliki perangkat dengan kualitas tertentu atau fitur spesifik, pastikan untuk memeriksa produsen dan model HP Xiaomi yang sesuai dengan kebutuhan Kalian.

2. Memeriksa Kode Produk

Setiap HP Xiaomi memiliki kode produk yang terdiri dari beberapa angka dan huruf. Kode ini memberikan informasi tentang model, varian, dan negara asal HP Xiaomi.

Untuk mengecek kode produk, Kalian dapat membuka aplikasi Pengaturan pada HP Xiaomi, masuk ke menu “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, dan cari informasi tentang kode produk. Pastikan kode produk yang tertera sesuai dengan model HP Xiaomi yang Kalian inginkan.

Kode produk juga dapat memberikan informasi tentang varian dari model HP Xiaomi yang Kalian miliki. Beberapa varian mungkin memiliki perbedaan dalam hal spesifikasi, fitur, atau desain.

Jika Kalian memiliki preferensi tertentu terkait dengan varian HP Xiaomi, pastikan untuk memeriksa kode produk dan memastikan bahwa Kalian mendapatkan varian yang sesuai dengan keinginan Kalian.

3. Melakukan Uji Layar Sentuh

Layar sentuh merupakan salah satu komponen penting pada HP Xiaomi. Untuk memastikan layar sentuh berfungsi dengan baik, Kalian dapat melakukan uji layar sentuh.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Pengaturan, masuk ke menu “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, dan cari opsi “Uji Layar Sentuh”. Ikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar untuk melakukan uji layar sentuh. Pastikan setiap bagian layar dapat merespons sentuhan dengan baik.

Selain melakukan uji layar sentuh melalui pengaturan, Kalian juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menguji responsivitas layar sentuh pada HP Xiaomi Kalian.

Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Kalian menguji layar sentuh dengan berbagai metode, seperti menggambar garis atau memainkan game yang mengandalkan layar sentuh.

Mengecek Responsivitas

Saat melakukan uji layar sentuh, pastikan untuk memeriksa responsivitas layar sentuh pada setiap bagian layar. Sentuhan Kalian harus terdeteksi dengan akurat dan layar harus merespons dengan cepat.

Cobalah untuk melakukan berbagai gerakan, seperti menggesek, menyentuh, atau mencubit layar. Pastikan tidak ada lag atau jeda yang berarti dalam merespons sentuhan Kalian.

Mengecek Ketahanan

Selain responsivitas, ketahanan layar sentuh juga menjadi hal yang penting untuk diperiksa. Pastikan layar sentuh HP Xiaomi Kalian tidak mudah tergores atau pecah dengan mudah.

Beberapa HP Xiaomi memiliki perlindungan tambahan, seperti Corning Gorilla Glass, untuk meningkatkan ketahanan layar.

Jika HP Xiaomi Kalian dilengkapi dengan perlindungan tersebut, pastikan untuk memeriksa keadaan perlindungan tersebut dan pastikan layar tidak rusak atau tergores.

4. Memeriksa Kamera

Kamera merupakan salah satu fitur utama pada HP Xiaomi.

Untuk memeriksa kualitas kamera, Kalian dapat membuka aplikasi Kamera pada HP Xiaomi dan mengambil beberapa foto atau merekam video singkat. Periksa hasil foto atau video tersebut apakah sesuai dengan yang diharapkan.

Pastikan kamera tidak mengalami masalah seperti gambar buram, warna yang tidak akurat, atau gangguan lainnya.

Selain memeriksa hasil foto atau video, Kalian juga dapat memeriksa fitur-fitur tambahan yang tersedia pada aplikasi Kamera HP Xiaomi. Beberapa fitur yang umumnya ada adalah mode potret, mode malam, atau perekaman video dengan resolusi tinggi. Pastikan semua fitur tersebut berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Kalian.

Memeriksa Kualitas Foto

Saat memeriksa kualitas foto, perhatikan beberapa hal penting seperti kejernihan, kecerahan, dan ketajaman gambar.

Pastikan foto yang dihasilkan terlihat jelas dan tidak kabur. Perhatikan juga warna yang dihasilkan apakah akurat dan tidak terlalu mencolok.

Kalian juga dapat memperhatikan detil pada foto, seperti tekstur dan bayangan, apakah terlihat dengan baik atau tidak. Jika ada masalah dengan kualitas foto, seperti gambar buram atau warna yang tidak akurat, segera laporkan ke penjual atau layanan purna jual resmi HP Xiaomi untuk mendapatkan solusi.

Memeriksa Fitur Tambahan

Fitur tambahan pada aplikasi Kamera HP Xiaomi dapat meningkatkan kreativitas dan fleksibilitas Kalian dalam mengambil foto atau merekam video. Beberapa fitur yang umumnya ada adalah mode potret yang menghasilkan latar belakang blur, mode malam yang meningkatkan pencahayaan dalam kondisi minim cahaya, atau perekaman video dengan resolusi tinggi. Pastikan semua fitur tersebut berfungsi dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan Kalian. Kalian dapat mencoba mengambil foto atau merekam video dengan menggunakan fitur-fitur tersebut untuk memastikan kualitas dan fungsionalitasnya.

5. Memeriksa Baterai

Baterai yang baik sangat penting untuk penggunaan sehari-hari. Untuk memeriksa keadaan baterai pada HP Xiaomi, Kalian dapat membuka aplikasi Pengaturan, masuk ke menu “Baterai” atau “Daya”, dan periksa persentase baterai yang tersisa. Pastikan baterai tidak terlalu cepat habis dan tidak ada masalah seperti baterai yang bocor atau menggelembung.

Selain memeriksa persentase baterai, Kalian juga dapat memperhatikan penggunaan baterai yang tercatat dalam pengaturan. Jika terdapat aplikasi atau proses yang menggunakan baterai secara berlebihan, Kalian dapat mengoptimalkan penggunaan baterai dengan menonaktifkan atau membatasi aplikasi tersebut.

Kalian juga dapat memeriksa waktu pengisian baterai apakah sesuai dengan yang diharapkan. Jika ada masalah dengan baterai, seperti daya tahan yang buruk atau masalah fisik pada baterai, segera laporkan ke penjual atau layanan purna jual resmi HP Xiaomi untuk mendapatkan solusi.

Beberapa HP Xiaomi menyediakan informasi tentang kesehatan baterai pada pengaturan. Kalian dapat memeriksa kesehatan baterai untuk mengetahui apakah baterai masih dalam kondisi baik atau tidak.

Jika kesehatan baterai menunjukkan angka rendah atau ada indikasi masalah pada baterai, segera laporkan ke penjual.

Penting untuk memperhatikan kesehatan baterai agar Kalian dapat menggunakan HP Xiaomi dengan optimal dan menghindari masalah yang berkaitan dengan baterai di masa depan.

6. Memeriksa Sistem Operasi

Sistem operasi yang terinstal dengan baik adalah kunci untuk pengalaman pengguna yang baik.

Untuk memeriksa versi sistem operasi pada HP Xiaomi, Kalian dapat membuka aplikasi Pengaturan, masuk ke menu “Tentang Telepon” atau “Tentang Perangkat”, dan cari informasi tentang versi sistem operasi. Pastikan versi sistem operasi yang terinstal adalah versi terbaru dan tidak ada masalah seperti lag atau crash sistem.

Memperbarui sistem operasi secara teratur sangat penting untuk menjaga HP Xiaomi Kalian tetap aman dan mendapatkan fitur-fitur terbaru. Pastikan untuk memeriksa pembaruan sistem operasi yang tersedia dan mengunduhnya jika diperlukan.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa ketersediaan pembaruan keamanan yang dapat melindungi HP Xiaomi Kalian dari ancaman keamanan yang baru muncul.

7. Memeriksa Slot SIM dan Kartu Memori

Slot SIM dan kartu memori merupakan komponen penting pada HP Xiaomi, jadi Kalian harus mencoba memasang kartu SIM dan kartu memori pada slot tersebut untuk memastikan keduanya terbaca dengan baik.

Pastikan slot SIM terbaca dengan baik dan dapat mengakses jaringan seluler dengan lancar serta kalian  juga dapat memasang kartu memori pada slot yang tersedia dan memeriksa apakah kartu memori terdeteksi dan dapat digunakan untuk penyimpanan tambahan.

8. Memeriksa Konektivitas

Konektivitas yang baik memungkinkan Kalian untuk terhubung dengan jaringan internet dan perangkat lainnya.

Untuk memeriksa konektivitas pada HP Xiaomi, Kalian dapat membuka aplikasi Pengaturan, masuk ke menu “Koneksi” atau “Konektivitas”, dan periksa apakah semua opsi konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS berfungsi dengan baik. Pastikan tidak ada masalah seperti koneksi yang lemah atau putus-putus.

9. Memeriksa Fitur Tambahan

HP Xiaomi memiliki berbagai fitur tambahan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Untuk memeriksa fitur tambahan tersebut, Kalian dapat membuka aplikasi Pengaturan, masuk ke menu “Fitur Tambahan” atau “Pengaturan Tambahan”, dan jelajahi opsi yang tersedia.

Pastikan semua fitur tambahan berfungsi dengan baik dan tidak ada masalah seperti fitur yang tidak aktif atau error.

10. Mengecek Garansi

Terakhir, pastikan untuk mengecek garansi HP Xiaomi yang Kalian beli. Dan pastinya cara ini berlaku untuk kalian yang membeli hp xiaomi dalam kondisi baru ya.

Garansi akan memberikan perlindungan jika terjadi kerusakan atau masalah pada perangkat dalam jangka waktu tertentu.

kalian dapat menemukan informasi mengenai garansi pada kotak kemasan HP Xiaomi atau dengan menghubungi layanan pelanggan Xiaomi. Pastikan Kalian memahami syarat dan ketentuan garansi serta prosedur klaim garansi jika diperlukan.

Periksa berapa lama garansi berlaku dan apa saja yang ditanggung oleh garansi tersebut. Pastikan untuk melampirkan atau menyimpan bukti pembelian Kalian, seperti faktur atau kwitansi, sebagai bukti klaim garansi di masa mendatang.

Penutup

Dengan mengikuti panduan lengkap cara mengecek HP Xiaomi di atas, Kalian dapat memastikan keaslian dan keadaan perangkat sebelum membelinya.

Semoga artikel yang kami buat ini bermanfaat dan jika ada kurang jelas silahkan langsung ditanyakan ke komentar ya!.

Hadiyan Dicky

Lulusan S1 Sarjana Komputer (S.Kom) yang telah berpengalaman menekuni bidang teknologi sejak 6 tahun lalu.

Tinggalkan komentar