3 Cara Membuka Akun Facebook yang Terkunci

Facebook berkomitmen untuk melindungi keamanan para penggunanya, salah satunya dari upaya pembajakan akun. Jika ditemukan aktivitas mencurigakan, Facebook akan mengunci akun tersebut untuk sementara. Bagaimanakah cara membuka akun Facebook yang terkunci?

Ketika akun dikunci sementara waktu oleh Facebook, Anda akan mendapati pesan “Your Account is Temporarily Locked” atau “Akun Anda Dikunci”. Jika hal ini terjadi, jangan panik dulu karena ada cara untuk mengatasinya.

Cara Membuka Akun Facebook Yang Terkunci

Kenapa Akun Facebook Terkunci?

Sebelum mengetahui cara untuk membuka Facebook yang terkunci, sebaiknya Anda memahami penyebabnya. Ada beberapa hal yang membuat Facebook mengunci akun Anda, antara lain:

  • Mengirimkan pesan dan permintaan pertemanan dalam jumlah yang terlalu banyak di waktu yang singkat
  • Menggunakan bot
  • Terduga sebagai akun palsu, menggunakan nama palsu, atau menyamar sebagai orang lain
  • Menampilkan iklan yang spammy
  • Bergabung dengan banyak grup dalam waktu singkat
  • Meminta kode autentikasi terlalu banyak
  • Melakukan aktivitas lain yang melanggar syarat dan ketentuan Facebook

Selain berbagai alasan yang sudah disebutkan di atas, akun Facebook yang terkunci juga bisa disebabkan karena aktivitas login mencurigakan. Facebook selalu merekam alamat IP yang digunakan user untuk login.

Dengan alamat IP, Facebook bisa mengetahui lokasi penggunanya. Jika akun Anda login dari lokasi yang sangat jauh dari biasanya, Facebook mencurigai upaya login ini dilakukan oleh orang lain. Oleh karena itu, akun Anda akan dikunci untuk sementara waktu.

Cara Membuka Akun Facebook yang Terkunci

Ikuti panduan di bawah ini untuk membuka kembali akun Facebook yang terkunci sementara waktu. Anda bisa mencoba caranya satu per satu hingga berhasil.

1. Verifikasi Identitas Diri

Cara ini merupakan yang termudah dan sudah terbukti mampu mengembalikan akun Facebook terkunci. Anda akan diminta untuk memverifikasi identitas. Silakan simak cara di bawah ini untuk memverifikasi identitas.

  1. Gunakan perangkat yang pernah Anda pakai untuk login Facebook.
  2. Kemudian kunjungi alamat berikut ini facebook.com/login/identify.
  3. Kemudian temukan akun Anda yang terkunci. Untuk menemukannya, Anda bisa menggunakan nomor HP, email, maupun username.
  4. Kemudian klik pada tombol Start Identity Confirmation.
  5. Ikuti langkah-langkah sesuai dengan petunjuk yang tampil di layar. Anda juga mungkin saja diminta mengunggah identitas seperti KTP untuk keperluan verifikasi identitas.

2. Mengisi Form Security Checks Preventing Login

Jika akun terkunci karena masalah keamanan, Anda bisa mengisi formulir Security checks preventing login. Form tersebut bisa diakses di sini https://m.facebook.com/support/forms/flow_view?id=179049432194862.

Langsung saja isikan deskripsi masalah pada text box yang terdapat di halaman tersebut. Jangan lupa untuk mengupload screen capture atau screenshot untuk memperjelas masalahnya. Klik Continue. Setelah itu, pihak Facebook akan menindaklanjuti melalui email.

3. Menggunakan Report a Login Issue

Ketika sebuah akun terkunci untuk sementara, Facebook memberikan opsi kepada pengguna untuk melaporkannya. Anda dapat menggunakan fitur “Report a Login Issue” yang dimiliki oleh Facebook. Sebelumnya, pastikan Anda memiliki screenshot berisi pesan bahwa akun dikunci sementara.

Berikut ini adalah langkah-langkah melaporkan masalah login tersebut.

  1. Buka halaman Report a Login Issue
  2. Masukkan alamat email Anda pada kolom contact email address.
  3. Kemudian deskripsikan masalah yang Anda alami terkait akun terkunci saat login. Sebisa mungkin deskripsikan hal ini dalam bahasa Inggris. Namun Anda juga bisa menggunakan bahasa Indonesia.
  4. Unggah screenshot dari masalah yang Anda alami dengan cara klik Choose File.
  5. Submit laporan.

Silakan coba salah satu dari beberapa cara membuka akun Facebook yang terkunci di atas. Kalau masalah belum teratasi setelah melakukan semua caranya, Anda dapat mengirimkan email ke help center Facebook.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top