5 Cara Mengatasi HP Ngeblank, Terbukti Berhasil!

Hadiyan Dicky

Cara Mengatasi HP Ngeblank
Cara Mengatasi HP Ngeblank

Saat ini hampir semua orang memiliki perangkat smartphone untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dengan adanya perangkat tersebut, berbagai macam informasi bisa diakses secara mudah. Namun ada kalanya HP ngeblank sehingga diperlukan cara mengatasi HP ngeblank yang paling tepat.

Beberapa masalah yang sering muncul ketika HP error adalah layar hanya menampilkan warna hitam atau putih saja. Kondisi ini tentu membuat pengguna smartphone sedikit was-was, karena khawatir HP tidak bisa berfungsi lagi.  Lantas, bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya?

Penyebab HP Ngeblank

Sebelum mencari tahu bagaimana cara mengatasi HP yang ngeblank, ada baiknya ketahui dulu apa yang menjadi penyebabnya. Biasanya HP ngeblank disebabkan karena bootloop, yaitu kondisi HP yang tiba-tiba mati dan hidup sendiri. Kondisi ini bisa ditandai dengan layar HP yang berwarna hitam.

Penyebab lainnya adalah sistem yang kurang stabil dan sistem yang tidak mampu load secara otomatis sehingga menyebabkan layar hanya menampilkan warna hitam atau putih. Selain itu, kondisi HP ngeblank juga bisa disebabkan baterai yang rusak atau layar HP yang error/rusak.

Bagaimana Cara Mengatasi HP Ngeblank

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan HP ngeblank, selanjutnya kita akan bahas bagaimana cara mengatasinya. Langsung saja ya ikuti semua penjelasannya di bawah ini.

1. Menghapus Cache

Cara pertama yang bisa dicoba untuk mengatasi HP yang ngeblank adalah dengan menghapus cache. Banyaknya cache yang menumpuk bisa membuat HP mengalami error atau ngeblank. Adapun caranya adalah:

  • Matikan HP dan selanjutnya tekan tombol Power + Volume Up atau Down secara bersamaan.
  • Tunggu prosesnya hingga perangkat HP beralih ke mode Recovery.
  • Temukan menu Wipe -> Wipe Cache.
  • Bisa juga dengan memanfaatkan fitur Clear Cache yang disediakan perangkat.

2. Melepas Kartu Memori, SIM Card dan Baterai

Cara mengatasi HP Android ngeblank berikutnya adalah dengan melepas kartu memori, SIM card serta baterai dari perangkat smartphone. Cara ini cukup efektif karena banyak yang berhasil melakukannya. Caranya adalah seperti berikut:

  • Matikan HP kemudian lepas kartu memori, SIM card maupun baterainya.
  • Tunggu selama beberapa menit dan nyalakan kembali HP.

3. Membersihkan Ruang Penyimpanan

Cara mengatasi HP ngeblank selanjutnya adalah dengan membersihkan ruang penyimpanan. Cara ini sangat efektif karena salah satu penyebab HP mengalami error atau blank adalah ruang penyimpanan terlalu penuh. Caranya pun cukup sederhana, seperti berikut:

  • Buka menu pengaturan dan pilih aplikasi yang tidak diperlukan untuk dihapus.
  • Bisa juga dengan menyeleksi aplikasi satu per satu kemudian membersihkan datanya agar ruang penyimpanan kembali lega.

4. Melakukan Reset HP

Jika cara mengatasi HP sering ngeblank sebelumnya tidak mampu memberikan hasil yang memuaskan, maka alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset HP. Prosesnya adalah seperti berikut:

  • Matikan HP  tekan tombol Power + Volume Up atau Down
  • Nantinya akan masuk ke mode Recovery -> klik menu Factory Reset.

5. Membawanya ke Tempat Service HP

Jika semua cara yang dicoba gagal, maka salah satu cara yang bisa dijadikan pilihan terakhir adalah membawanya ke tempat service HP. Kamu bisa mendatangi tempat service HP langganan atau yang sudah terpercaya agar hasilnya sesuai harapan.

Tidak ada salahnya memilih tempat service resmi, terutama jika HP kamu masih dalam masa garansi. Selain lebih aman, biaya yang diperlukan untuk perbaikan juga lebih terjangkau.

Setelah mempelajari cara mengatasi HP ngeblank yang telah dijelaskan di atas, tentunya kamu bisa mencoba memperbaikinya sendiri sebelum membawanya ke tempat service. Untuk langkah awal, kamu bisa membersihkan ruang penyimpanan dan cache, melepas kartu memori, SIM card dan baterai.

Hadiyan Dicky

Lulusan S1 Sarjana Komputer (S.Kom) yang telah berpengalaman menekuni bidang teknologi sejak 6 tahun lalu.

Tinggalkan komentar