Cara Menjadikan Co Host di Zoom HP dan PC secara Praktis

Hadiyan Dicky

Cara Menjadikan Co-Host di Zoom HP
Cara Menjadikan Co-Host di Zoom HP

Menyelenggarakan meeting di zoom bisa sangat merepotkan, sehingga diperlukan bantuan dari orang lain agar lebih meringankan tugas. Namun, bagaimana cara menjadikan co host di zoom HP? Pertanyaan tersebut tentunya membutuhkan jawaban yang terbaik.

Pasalnya dengan menambahkan co host ke dalam pertemuan atau meeting di zoom, hal itu akan memungkinkan untuk berbagi tugas. Nah, kalau sudah begitu maka lebih mudah untuk mengelola peserta meeting serta berbagi screen presentasi.

Cara Menjadikan Co Host di Zoom HP

Agar tugas penyelenggaraan meeting di zoom semakin ringan dan terkoordinasi dengan baik, maka menambahkan rekan sebagai co host bisa menjadi pilihan yang paling tepat.

Meski begitu, berbeda dari penyelenggara utama, Co Host tidak bisa memulai meeting yang jadwalnya sudah ditentukan oleh penyelenggara utama. Adapun cara menjadikan Co Host di Zoom adalah seperti berikut:

1. Mengaktifkan Setting Co Host pada Zoom Meeting

Sebelum menambahkan rekan sebagai co host di pertemuan Zoom, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengaktifkan fitur tersebut melalui setting yang tersedia. Berikut adalah caranya:

  • Buka dan akses portal web Zoom kemudian masuk ke akun yang dimiliki  pilihlah tab Settings atau Pengaturan.
  • Menu Pengaturan akan menampilkan tab Rapat -> scroll ke bawah sampai menemukan opsi Co Host.
  • Jika menggunakan PC/laptop Bisa juga dengan menekan tombol CTRL + F pada Windows kemudian ketik Co Host pada kolom pencarian.
  • Terakhir, mengaktifkan opsi Co Host pada Zoom.

Setelah fitur Co Host diaktifkan maka sebagai penyelenggara kamu bisa langsung menjadikan Co Host pada Zoom Meeting. Dengan begitu ada yang membantu untuk mengontrol jalannya meeting.

2. Menambahkan Co Host pada Zoom Meeting

Setelah mengaktifkan fitur Co Host, penyelenggara perlu menambahkan Co Host ke dalam Zoom Meeting. Sebagai langkah awal maka perlu memilih peserta melalui tombol Manage Participants. Tombol ini terletak di bawah jendela panggilan konferensi saat meeting.

Pada panel sebelah kanan akan ditampilkan daftar peserta meeting. Untuk menambahkan Co Host, kamu bisa memilih salah satu dari peserta dengan mengarahkan kursor ke arah peserta yang akan dipilih. Kemudian pilih opsi More dan lanjutkan dengan Make Co Host.

Nantinya akan muncul notifikasi yang menginformasikan bahwa kamu akan menjadikan peserta yang dipilih tersebut sebagai Co Host pada meeting. Jika sudah yakin dengan pilihan tersebut maka bisa langsung menekan tombol Yes.

Jika penambahan Co Host berhasil, maka akan muncul label Co Host pada sebelah nama peserta yang ditunjuk sebagai Co Host. Lantas, berapa peserta yang bisa dijadikan Co Host dalam Zoom Meeting?

Sebagai informasi, dengan menggunakan metode yang telah dijelaskan di atas maka kamu bisa menjadikan peserta sebagai Co Host dalam jumlah yang tidak terbatas.

Cara Menghapus Co Host pada Zoom Meeting

Setelah mengetahui cara menjadikan Co Host di Zoom HP, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara menghapus Co Host. Caranya sendiri cukup sederhana, tinggal arahkan kursor pada nama peserta yang telah ditunjuk sebagai Co Host kemudian klik opsi More  Withdraw Co Host Permission.

Dengan cara tersebut maka peserta yang sudah ditunjuk sebagai Co Host sudah tidak lagi menjadi Co Host melainkan sebagai peserta biasa seperti yang lain.

Bagaimana, sekarang jadi lebih paham kan? Dengan melakukan cara menjadikan Co Host di HP dan PC tersebut maka penyelenggaraan meeting bisa lebih terkontrol. Karena ada rekan lainnya yang akan membantu mengelola peserta dan jalannya meeting.

Hadiyan Dicky

Lulusan S1 Sarjana Komputer (S.Kom) yang telah berpengalaman menekuni bidang teknologi sejak 6 tahun lalu.

Tinggalkan komentar