7 Cara Mengatasi HP Lelet dan Ngelag yang Wajib Dicoba!

Seiring berjalannya waktu, pasti sebuah ponsel sudah digunakan untuk berselancar ke berbagai situs dan juga menyimpan berbagai file serta dokumen. Hal ini bisa menurunkan performa ponsel pada situasi tertentu. Dan oleh karenanya, Anda bisa menyimak cara mengatasi HP lelet berikut sebagai solusinya

HP yang sering lelet dan ngelag sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari penyimpanan yang hampir penuh hingga sedang terserang malware. Untuk itu, beberapa cara di bawah ini mungkin bisa mengembalikan performa Anda kembali stabil dan cepat lagi seperti pemakaian awal.

Cara Mengatasi HP Lelet dengan Mudah

Cara Mengatasi HP Lelet

HP dengan performa menurun serta begitu lelet ketika dioperasikan tentu menjadi masalah tersendiri yang bisa sangat mengganggu. Pasalnya, HP terkadang menjadi alat yang digunakan untuk berbagai kebutuhan yang penting dan mendesak.

Karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasinya berikut ini!

1. Bersihkan Ruang Penyimpanan Perangkat

Banyak yang bertanya-tanya, sebenarnya apa penyebab HP Android lemot sehingga aktivitas menjadi begitu terhambat. Dalam permasalah ini, maka jawaban untuk mayoritas sebab yang mendasari leletnya perangkat adalah karena ruang penyimpanan yang penuh.

Di saat ruang penyimpanan perangkat hanya tersisa kurang dari 10%, maka kebanyakan perangkat secara otomatis akan mengalami penurunan performa. Kinerja ponsel akan menjadi lebih lelet dan lambat jika digunakan untuk mengoperasikan beberapa aplikasi dan sebagainya.

Belum lagi jika penyimpanan hampir mencapai angka 100%, maka perangkat akan sering ngelag. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa memilah-milah lagi file yang tersimpan di peringkat. Lakukan pembersihan ruang penyimpanan dengan cara menghapus beberapa file yang sudah tidak penting lagi.

2. Lakukan Reset Pabrik/Factory Reset

Selain karena penyimpanan yang penuh, penyebab kenapa HP lemot dan ngelag bisa jadi karena tersusupi malware berupa virus, hingga spyware. Hal ini sendiri bisa saja terjadi jika Anda mengunjungi beberapa situs jebakan tertentu atau menginstal aplikasi dari pihak ketiga dengan sumber tidak dikenal.

Untuk hal ini, maka melakukan factory reset atau menyetel ulang ponsel agar kembali pada kondisi awal saat dikeluarkan dari pabrik mungkin bisa menjadi cara mengatasi HP lelet. Sebelumnya, pastikan Anda telah menyimpan data-data penting dulu karena pada proses ini semua data akan terhapus.

Sama seperti saat ponsel pertama kali dikeluarkan, setelah proses selesai, maka semua aplikasi hingga data yang berada di dalamnya akan menghilang. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

  • Buka Pengaturan perangkat
  • Ketik ‘Reset Pabrik’ di kolom pencarian pengaturan karena mungkin fitur ini berada di lokasi yang berbeda pada masing-masing jenis perangkat
  • Klik ‘Hapus Seluruh Data’ dan ponsel akan segera melakukan proses reset ulang pabrik.

3. Uninstal Aplikasi yang Tidak Terpakai

Adanya beragam aplikasi dengan fitur-fitur yang menarik untuk dicoba terkadang membuat beberapa pengguna merasa terlena. Padahal sejatinya aplikasi itu hanya digunakan sekali-dua kali dan tidak pernah digunakan lagi.

Melakukan pencopotan aplikasi di perangkat bisa menjadi cara mengatasi HP lelet yang bisa Anda coba. Hal ini karena aplikasi yang terpasang di HP akan memakan ruang penyimpanan untuk menyimpan segala data yang terdapat di dalamnya. Untuk memudahkan hal ini, Anda bisa mengikuti cara berikut:

  • Buka ‘Setting/Pengaturan’ di perangkat
  • Klik ‘Aplikasi’ dan pilihlah ‘Kelola Aplikasi’
  • Dari sana, Anda akan bisa melihat berbagai aplikasi yang terpasang di perangkat Pilihlah beberapa yang sekiranya sudah tidak digunakan lagi
  • Klik aplikasi yang ingin dihapus, dan pilih ‘Uninstall’

Dengan melakukan beberapa cara mengatasi HP lelet di atas, maka kemungkinan besar perangkat Anda akan mengalami peningkatan performa. Namun, jika merasa tidak terjadi perubahan sama sekali, maka jangan segan untuk bertanya pada seseorang yang sudah ahli dan profesional di bidangnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top