Cara Mengatasi iCloud Penuh di iPhone Yang Simpel Sekali

Saat ini, penggunaan iCloud pada iPhone telah menjadi kebutuhan yang penting bagi banyak orang. Namun, seringkali masalah muncul ketika ruang penyimpanan iCloud penuh dan tidak lagi dapat menyimpan data baru. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan tips dan trik terbaik untuk mengatasi masalah iCloud penuh di iPhone Kalian. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, Kalian dapat membebaskan ruang penyimpanan iCloud Kalian dengan mudah.

Cara Mengatasi iCloud Penuh
Daftar Isi: sembunyikan

Menghapus File dan Data yang Tidak Diperlukan

Pertama-tama, langkah yang paling sederhana adalah dengan menghapus file dan data yang tidak diperlukan di iCloud. Kalian dapat memeriksa dan mengelola data Kalian dengan masuk ke Pengaturan > [Nama Kalian] > iCloud > Kelola Penyimpanan. Pilih aplikasi yang menghabiskan banyak ruang dan hapus file yang tidak diperlukan atau cadangkan data di perangkat lain.

Langkah 1: Memeriksa dan Mengelola Data di iCloud

Langkah pertama adalah memeriksa dan mengelola data Kalian di iCloud. Masuklah ke Pengaturan di iPhone Kalian dan pilih [Nama Kalian]. Selanjutnya, ketuk opsi “iCloud” dan pilih “Kelola Penyimpanan”. Di sini, Kalian akan melihat daftar aplikasi yang menggunakan ruang penyimpanan iCloud. Pilih aplikasi yang ingin Kalian periksa dan hapus data yang tidak diperlukan.

Langkah 2: Menghapus File dan Data dari Aplikasi Tertentu

Setelah memeriksa data di iCloud, periksa aplikasi-aplikasi tertentu yang menggunakan ruang penyimpanan yang signifikan. Misalnya, jika aplikasi “Pages” menggunakan banyak ruang, buka aplikasi tersebut dan hapus file yang tidak diperlukan. Kalian juga dapat memindahkan file ke perangkat lain atau ke layanan penyimpanan cloud lain seperti Google Drive atau Dropbox.

Langkah 3: Mengelola Data Foto dan Video

Foto dan video seringkali menjadi penyebab utama penyimpanan iCloud yang penuh. Untuk mengatasi masalah ini, Kalian dapat memilih untuk menghapus foto dan video yang tidak diperlukan atau memindahkannya ke perangkat lain atau layanan penyimpanan cloud lain. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuka Aplikasi Foto di iPhone Kalian dan memilih foto atau video yang ingin dihapus. Kalian juga dapat menggunakan aplikasi Google Photos untuk menyimpan foto dan video Kalian secara gratis dengan memanfaatkan penyimpanan cloud dari Google.

Langkah 4: Mengelola Data Dokumen

Selain foto dan video, Kalian juga perlu memeriksa dan mengelola data dokumen di iCloud. Dalam aplikasi seperti Pages, Numbers, atau Keynote, Kalian dapat memeriksa dan menghapus dokumen yang tidak diperlukan. Jika Kalian ingin menyimpan dokumen tersebut, Kalian dapat memindahkannya ke perangkat lain atau ke layanan penyimpanan cloud lain seperti Dropbox atau Microsoft OneDrive.

Langkah 5: Menghapus Data dari Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pastikan Kalian juga memeriksa aplikasi-aplikasi yang tidak Kalian gunakan lagi. Beberapa aplikasi mungkin menyimpan data di iCloud tanpa Kalian sadari. Jadi, periksalah aplikasi-aplikasi tersebut dan hapus data yang tidak diperlukan. Jika Kalian yakin bahwa Kalian tidak akan menggunakan aplikasi tersebut lagi, Kalian juga dapat menghapus aplikasi tersebut dari iPhone Kalian untuk membebaskan ruang penyimpanan iCloud.

Menghapus Foto dan Video yang Tidak Diperlukan

Foto dan video seringkali menjadi penyebab utama penyimpanan iCloud yang penuh. Kalian dapat menghapus foto dan video yang tidak diperlukan dengan masuk ke Aplikasi Foto dan memilih foto atau video yang ingin dihapus. Jika Kalian ingin tetap menyimpannya, Kalian dapat memindahkan foto dan video tersebut ke perangkat lain atau mengunggahnya ke layanan penyimpanan cloud lain seperti Google Photos.

Langkah 1: Memeriksa dan Mengelola Foto dan Video di iCloud

Langkah pertama adalah memeriksa dan mengelola foto dan video Kalian di iCloud. Buka Aplikasi Foto di iPhone Kalian dan pilih opsi “Albums”. Di sini, Kalian akan melihat berbagai album seperti “Semua Foto”, “Foto Favorit”, “Video”, dan lain sebagainya. Pilih album yang ingin Kalian periksa dan hapus foto atau video yang tidak diperlukan.

Langkah 2: Menghapus Foto dan Video Secara Selektif

Jika Kalian hanya ingin menghapus foto atau video tertentu, buka album yang sesuai dan pilih foto atau video yang ingin dihapus. Ketuk opsi “Hapus” dan konfirmasikan tindakan tersebut. Kalian juga dapat memilih beberapa foto atau video sekaligus dengan menekan dan menahan salah satu foto atau video, lalu pilih foto atau video lainnya.

Langkah 3: Memindahkan Foto dan Video ke Perangkat Lain atau Layanan Penyimpanan Cloud Lain

Jika Kalian masih ingin menyimpan foto dan video tersebut, Kalian dapat memindahkannya ke perangkat lain atau layanan penyimpanan cloud lain. Misalnya, Kalian dapat menggunakan aplikasi Google Photos untuk mengunggah foto dan video ke akun Google Kalian. Setelah diunggah, Kalian dapat menghapusnya dari iCloud untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Membeli Rencana Penyimpanan iCloud yang Lebih Besar

Jika Kalian masih membutuhkan lebih banyak ruang penyimpanan iCloud, Kalian dapat mempertimbangkan untuk membeli rencana penyimpanan yang lebih besar dari Apple. Kalian dapat memeriksanya di Pengaturan > [Nama Kalian] > iCloud > Kelola Penyimpanan > Perbarui Rencana Penyimpanan. Pilih rencana yang sesuai dengan kebutuhan Kalian dan lakukan pembayaran untuk memperoleh ruang penyimpanan tambahan.

Langkah 1: Memeriksa dan Memilih Rencana Penyimpanan iCloud

Buka Pengaturan di iPhone Kalian dan ketuk opsi [Nama Kalian]. Selanjutnya, pilih “iCloud” dan buka opsi “Kelola Penyimpanan”. Di bagian atas layar, Kalian akan melihat opsi “Perbarui Rencana Penyimpanan”. Ketuk opsi ini untuk melihat berbagai rencana penyimpanan yang ditawarkan oleh Apple.

Langkah 2: Memilih Rencana yang Sesuai

Pilih rencana yang sesuai dengan kebutuhan Kalian. Apple menawarkan berbagai pilihan, mulai dari 50GB hingga 2TB. Kalian dapat memilih rencana yang paling sesuai dengan jumlah data yang ingin Kalian simpan di iCloud. Setelah Kalian memilih rencana, ikuti langkah-langkah untuk melakukan pembayaran dan mengaktifkan rencana penyimpanan tambahan.

Langkah 3: Mengelola Rencana Penyimpanan iCloud

Setelah Kalian membeli rencana penyimpanan yang lebih besar, Kalian dapat memeriksa dan mengelola rencana tersebut. Buka Pengaturan dan pilih [Nama Kalian], lalu ketuk opsi “iCloud” dan “Kelola Penyimpanan”. Di sini, Kalian akan melihat rencana penyimpanan yang sedang Kalian gunakan, beserta jumlah ruang yang telah Kalian gunakan dan tersisa. Kalian juga dapat mengupgrade atau downgrade rencana penyimpanan jika diperlukan.

Menghapus Cadangan iCloud yang Tidak Diperlukan

Kadang-kadang, iCloud penuh karena adanya cadangan yang tidak diperlukan. Kalian dapat menghapus cadangan yang tidak diperlukan dengan masuk ke Pengaturan > [Nama KA] > iCloud > Kelola Penyimpanan > Cadangan. Di sini, Kalian akan melihat daftar cadangan yang tersimpan di iCloud. Pilih perangkat yang tidak Kalian gunakan lagi atau aplikasi yang tidak Kalian butuhkan cadangannya, lalu hapus cadangan tersebut.

Langkah 1: Memeriksa Cadangan yang Tersimpan

Buka Pengaturan di iPhone Kalian dan pilih opsi [Nama Kalian]. Selanjutnya, pilih “iCloud” dan buka opsi “Kelola Penyimpanan”. Di bagian bawah layar, Kalian akan menemukan opsi “Cadangan”. Ketuk opsi ini untuk melihat daftar cadangan yang tersimpan di iCloud.

Langkah 2: Menghapus Cadangan yang Tidak Diperlukan

Pilih perangkat yang tidak Kalian gunakan lagi atau aplikasi yang tidak Kalian butuhkan cadangannya. Misalnya, jika Kalian sudah memiliki iPhone baru dan tidak menggunakan iPhone lama, Kalian dapat menghapus cadangan iPhone lama tersebut. Ketuk opsi “Hapus Cadangan” dan konfirmasikan tindakan tersebut.

Langkah 3: Mengatur Cadangan Otomatis

Untuk menghindari akumulasi cadangan yang tidak perlu, Kalian dapat mengatur cadangan otomatis agar hanya mencakup data yang penting. Masuklah ke Pengaturan, pilih [Nama Kalian], lalu pilih opsi “iCloud” dan “Cadangan”. Di sini, Kalian dapat mematikan opsi “Cadangan Otomatis” secara keseluruhan atau memilih aplikasi yang ingin Kalian cadangkan secara otomatis.

Mengelola Dokumen di iCloud Drive

ICloud Drive adalah tempat penyimpanan file dan dokumen di iCloud. Kalian dapat mengelola dokumen di iCloud Drive dengan cara masuk ke Aplikasi File, pilih iCloud Drive, dan hapus dokumen atau file yang tidak diperlukan. Pastikan Kalian memindahkan dokumen penting ke perangkat lain atau layanan penyimpanan cloud lain sebelum menghapusnya.

Langkah 1: Mengakses ICloud Drive

Buka Aplikasi File di iPhone Kalian. Di bagian bawah layar, Kalian akan melihat opsi “iCloud Drive”. Ketuk opsi ini untuk mengakses semua file dan dokumen yang disimpan di iCloud Drive Kalian.

Langkah 2: Menghapus Dokumen atau File yang Tidak Diperlukan

Periksa dan pilih dokumen atau file yang tidak diperlukan di iCloud Drive. Kalian dapat melakukan ini dengan menekan dan menahan dokumen atau file tersebut, lalu pilih opsi “Hapus”. Jika Kalian ingin menghapus beberapa dokumen atau file sekaligus, Kalian dapat memilihnya secara berurutan atau menggunakan opsi “Pilih” di sudut kanan atas layar.

Langkah 3: Memindahkan Dokumen atau File ke Perangkat Lain atau Layanan Penyimpanan Cloud Lain

Jika Kalian masih ingin menyimpan dokumen atau file tersebut, Kalian dapat memindahkannya ke perangkat lain atau layanan penyimpanan cloud lain. Misalnya, Kalian dapat menggunakan aplikasi Dropbox atau Google Drive untuk memindahkan dokumen atau file ke akun Kalian di layanan tersebut. Setelah memindahkannya, Kalian dapat menghapusnya dari iCloud Drive untuk membebaskan ruang penyimpanan.

Menghapus Pesan dan Lampiran di Messages

Pesan dan lampiran di Messages juga dapat menggunakan ruang penyimpanan iCloud. Kalian dapat menghapus pesan dan lampiran yang tidak diperlukan dengan membuka aplikasi Messages, pilih percakapan yang ingin dihapus, lalu ketuk dan tahan pesan atau lampiran yang ingin dihapus. Pilih “Hapus” untuk menghapusnya secara permanen.

Langkah 1: Membuka Aplikasi Messages

Buka aplikasi Messages di iPhone Kalian. Kalian akan melihat daftar percakapan yang tersimpan.

Langkah 2: Memilih dan Menghapus Pesan atau Lampiran

Pilih percakapan yang ingin Kalian hapus pesan atau lampirannya. Ketuk dan tahan pesan atau lampiran yang ingin dihapus. Pilih opsi “Hapus” yang muncul di menu pop-up. Kalian juga dapat memilih beberapa pesan atau lampiran sekaligus dengan menekan dan menahan pesan atau lampiran pertama, lalu memilih pesan atau lampiran lainnya.

Langkah 3: Memeriksa Pengaturan Penyimpanan Pesan

Untuk mengelola penyimpanan pesan secara lebih efektif, Kalian dapat memeriksa pengaturan penyimpanan pesan di iPhone Kalian. Buka Pengaturan dan pilih “Pesan”. Di sini, Kalian akan menemukan opsi “Pengaturan Penyimpanan Pesan”. Kalian dapat mengatur pesan untuk dihapus secara otomatis setelah jangka waktu tertentu atau membatasi jumlah pesan yang disimpan dalam satu percakapan.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Aplikasi yang Kalian instal di iPhone juga dapat menggunakan ruang penyimpanan iCloud. Kalian dapat menghapus aplikasi yang tidak diperlukan dengan menekan dan menahan ikon aplikasi di layar utama hingga muncul ikon “X”, lalu pilih “Hapus”. Ini akan menghapus aplikasi beserta data dan konfigurasi yang terkait.

Langkah 1: Menemukan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Periksa layar utama iPhone Kalian dan temukan aplikasi yang tidak lagi Kalian gunakan atau tidak Kalian butuhkan. Kalian juga dapat memeriksa semua aplikasi yang terinstal di iPhone Kalian dengan menggeser ke kanan atau ke kiri layar utama.

Langkah 2: Menghapus Aplikasi dengan Menggunakan Fitur “X”

Ketuk dan tahan ikon aplikasi yang ingin Kalian hapus. Setelah beberapa waktu, ikon “X” akan muncul di sudut kiri atas ikon aplikasi tersebut. Ketuk ikon “X” dan konfirmasikan tindakan tersebut dengan memilih opsi “Hapus”. Proses ini akan menghapus aplikasi beserta data dan konfigurasi yang terkait dari iPhone Kalian.

Langkah 3: Mengelola Aplikasi yang Menggunakan Data iCloud

Beberapa aplikasi mungkin menggunakan penyimpanan iCloud untuk menyimpan data. Jika Kalian ingin menghapus data tersebut, masuklah ke Pengaturan, pilih [Nama Kalian], lalu pilih opsi “iCloud” dan “Kelola Penyimpanan”. Di sini, Kalian dapat memeriksa aplikasi-aplikasi yang menggunakan ruang penyimpanan iCloud. Pilih aplikasi yang ingin Kalian hapus data iCloud-nya.

Menonaktifkan Sinkronisasi Data Aplikasi

Sinkronisasi data aplikasi dengan iCloud dapat menggunakan ruang penyimpanan yang signifikan. Kalian dapat menonaktifkan sinkronisasi data aplikasi dengan masuk ke Pengaturan > [Nama Kalian] > iCloud > Kelola Penyimpanan > Aplikasi. Pilih aplikasi yang ingin Kalian nonaktifkan sinkronisasinya, lalu matikan opsi “Sinkronkan dengan iCloud”.

Langkah 1: Masuk ke Pengaturan Aplikasi

Untuk menonaktifkan sinkronisasi data aplikasi dengan iCloud, buka Pengaturan di iPhone Kalian dan pilih opsi [Nama Kalian]. Selanjutnya, ketuk opsi “iCloud” dan “Kelola Penyimpanan”. Di bagian bawah layar, Kalian akan menemukan opsi “Aplikasi”. Ketuk opsi ini untuk melihat daftar aplikasi yang menggunakan penyimpanan iCloud.

Langkah 2: Memilih dan Menonaktifkan Sinkronisasi Data Aplikasi

Pilih aplikasi yang ingin Kalian nonaktifkan sinkronisasinya. Misalnya, jika Kalian ingin menonaktifkan sinkronisasi data aplikasi “Notes”, pilih aplikasi tersebut dari daftar. Di halaman berikutnya, matikan opsi “Sinkronkan dengan iCloud”. Dengan menonaktifkan sinkronisasi data aplikasi, data aplikasi tersebut tidak akan lagi disimpan di iCloud.

Langkah 3: Mengelola Sinkronisasi Data Aplikasi Lainnya

Kalian dapat mengulangi langkah-langkah di atas untuk aplikasi-aplikasi lain yang ingin Kalian nonaktifkan sinkronisasinya. Periksa daftar aplikasi yang menggunakan penyimpanan iCloud dan pilih aplikasi yang ingin Kalian atur. Matikan opsi “Sinkronkan dengan iCloud” untuk menonaktifkan sinkronisasi data aplikasi tersebut.

Menghapus Foto di Streaming Foto

Streaming Foto adalah fitur yang secara otomatis mengupload foto dan video ke iCloud agar dapat diakses di semua perangkat. Namun, foto di Streaming Foto juga dapat menggunakan ruang penyimpanan iCloud. Kalian dapat menghapus foto di Streaming Foto dengan masuk ke Pengaturan > [Nama Kalian] > iCloud > Kelola Penyimpanan > Streaming Foto. Pilih foto yang ingin Kalian hapus, lalu ketuk “Hapus”.

Langkah 1: Membuka Pengaturan Streaming Foto

Buka Pengaturan di iPhone Kalian dan pilih opsi [Nama Kalian]. Selanjutnya, ketuk opsi “iCloud” dan “Kelola Penyimpanan”. Di bagian bawah layar, Kalian akan menemukan opsi “Streaming Foto”. Ketuk opsi ini untuk mengelola foto yang disimpan di Streaming Foto.

Langkah 2: Memilih dan Menghapus Foto di Streaming Foto

Pilih foto yang ingin Kalian hapus dari Streaming Foto. Kalian dapat melakukannya dengan menekan dan menahan foto yang ingin dihapus. Setelah beberapa saat, opsi “Hapus” akan muncul di sudut kanan atas foto. Ketuk opsi tersebut dan konfirmasikan tindakan tersebut.

Langkah 3: Mengatur Pengaturan Streaming Foto

Kalian juga dapat mengatur pengaturan Streaming Foto agar lebih sesuai dengan kebutuhan Kalian. Kembali ke halaman “Streaming Foto” di Pengaturan iCloud dan pilih opsi “Streaming Foto”. Di sini, Kalian dapat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Streaming Foto, mengatur apakah foto dihapus setelah 30 hari, atau membatasi jumlah foto yang disimpan di Streaming Foto.

Mengonversi Ke Cloud Storage Lain

Jika semua langkah di atas belum cukup untuk membebaskan ruang penyimpanan iCloud Kalian, Kalian dapat mempertimbangkan untuk mengonversi data Kalian ke layanan penyimpanan cloud lain seperti Google Drive atau Dropbox. Kalian dapat mengunduh data dari iCloud dan mengunggahnya ke layanan penyimpanan cloud lain menggunakan aplikasi resmi dari masing-masing penyedia layanan.

Langkah 1: Mengunduh Data dari iCloud

Langkah pertama adalah mengunduh data dari iCloud. Buka Pengaturan di iPhone Kalian, pilih opsi [Nama Kalian], lalu pilih opsi “iCloud” dan “Kelola Penyimpanan”. Di sini, Kalian akan menemukan opsi “Unduh Data Kalian”. Ketuk opsi ini dan pilih jenis data yang ingin Kalian unduh, seperti foto, kontak, kalender, catatan, atau data aplikasi lainnya. Proses unduhan mungkin memakan waktu tergantung pada jumlah data yang Kalian pilih.

Langkah 2: Mengunggah Data ke Layanan Penyimpanan Cloud Lain

Setelah data diunduh dari iCloud, Kalian dapat mengunggahnya ke layanan penyimpanan cloud lain seperti Google Drive atau Dropbox. Pastikan Kalian telah menginstal aplikasi resmi dari penyedia layanan tersebut di iPhone Kalian. Buka aplikasi tersebut, ikuti langkah-langkah untuk mengunggah data, dan pilih data yang Kalian unduh dari iCloud. Proses mengunggah akan memakan waktu tergantung pada ukuran dan kecepatan koneksi internet Kalian.

Langkah 3: Menghapus Data dari iCloud

Setelah Kalian yakin bahwa data Kalian telah diunggah ke layanan penyimpanan cloud lain, Kalian dapat menghapus data dari iCloud untuk membebaskan ruang penyimpanan. Kembali ke Pengaturan > [Nama Kalian] > iCloud > Kelola Penyimpanan. Pilih jenis data yang ingin Kalian hapus, misalnya foto, kontak, atau catatan. Ketuk opsi “Hapus” dan konfirmasikan tindakan tersebut.

Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Kalian dapat mengatasi masalah iCloud penuh di iPhone Kalian dan membebaskan ruang penyimpanan dengan mudah. Pastikan Kalian secara rutin memeriksa dan mengelola ruang penyimpanan iCloud Kalian agar tetap optimal. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top