Cara Mengaktifkan AOD HP Xiaomi Yang Mudah dan Benar

Hadiyan Dicky

Apakah Kalian baru menggunakan HP Xiaomi dan ingin mengaktifkan fitur Always On Display (AOD)? Jika iya, Kalian berada di tempat yang tepat!

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara mengaktifkan AOD di HP Xiaomi Kalian.

Always On Display adalah fitur yang memungkinkan Kalian untuk melihat informasi penting seperti waktu, tanggal, notifikasi, dan ikon aplikasi lainnya tanpa harus menghidupkan seluruh layar.

Fitur ini sangat praktis dan menghemat daya baterai Kalian. Namun, beberapa pengguna Xiaomi mungkin belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkannya.

Cara Mengaktifkan AOD HP Xiaomi Dengan Mudah

Bisa dibilang cara mengaktifkan aod hp xiaomi ini cukup simpel kok hanya 5 langkah saja, seperti apa itu ikuti berikut ini:

1. Membuka Pengaturan

Langkah pertama untuk mengaktifkan AOD di HP Xiaomi Kalian adalah dengan membuka pengaturan. Caranya, buka menu utama pada perangkat Kalian dan cari ikon “Pengaturan” atau “Settings”. Biasanya, ikon ini berbentuk gear atau roda gigi.

Jika Kalian tidak dapat menemukan ikon pengaturan di menu utama, Kalian juga dapat mencarinya menggunakan fitur pencarian. Geser layar Kalian ke bawah dan ketuk kotak pencarian di bagian atas layar. Ketik “Pengaturan” atau “Settings” dalam kotak pencarian tersebut, dan hasil pencarian akan muncul di bawahnya. Ketuk ikon pengaturan untuk membuka pengaturan.

Jika Kalian masih kesulitan menemukan ikon pengaturan, Kalian juga dapat menggunakan pintasan pengaturan cepat. Geser layar Kalian ke bawah dari bagian atas layar untuk membuka panel notifikasi. Di bagian atas panel notifikasi, Kalian akan melihat beberapa ikon pintasan pengaturan cepat. Cari dan ketuk ikon “Pengaturan” atau “Settings” untuk membuka pengaturan.

2. Pilih Opsi Menu Layar

Setelah Kalian berhasil membuka pengaturan pada HP Xiaomi Kalian, langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Layar” atau “Display”. Di dalam menu Layar, Kalian akan menemukan berbagai opsi pengaturan terkait tampilan layar pada HP Xiaomi Kalian.

Hal pertama yang perlu Kalian lakukan adalah mencari dan ketuk opsi “Layar” atau “Display” dalam menu pengaturan. Biasanya, opsi ini terletak di bagian atas atau di bagian awal menu pengaturan, tetapi letaknya dapat bervariasi tergantung pada versi MIUI (antarmuka pengguna Xiaomi) yang Kalian gunakan.

3. Pilih Opsi Always On Display

Selanjutnya, Kalian perlu mencari dan memilih opsi “Always On Display” di dalam menu Layar. Setelah Kalian memilih opsi tersebut, Kalian akan dibawa ke halaman pengaturan AOD yang lebih rinci.

Pada halaman pengaturan AOD, Kalian akan menemukan berbagai opsi dan pengaturan terkait fitur ini. Misalnya, Kalian dapat mengaktifkan atau menonaktifkan AOD, menyesuaikan tampilan jam, memilih konten yang ditampilkan, dan banyak lagi.

4. Geser Opsi Untuk Aktifkan AOD

Setelah Kalian memilih opsi “Always On Display” di dalam menu Layar, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan AOD pada HP Xiaomi Kalian. Di dalam halaman pengaturan AOD, Kalian akan menemukan sebuah tombol pengaturan yang dapat Kalian geser untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

Untuk mengaktifkan AOD, geser tombol pengaturan ke posisi “On” atau “Aktif”. Biasanya, tombol ini berwarna hijau atau berubah menjadi warna lain yang menandakan bahwa AOD telah diaktifkan. Jika Kalian ingin menonaktifkan AOD di kemudian hari, Kalian hanya perlu menggeser tombol pengaturan ke posisi “Off” atau “Nonaktif”.

5. Sesuaikan Pengaturan AOD HP Xiaomi Kalian

Setelah Kalian berhasil mengaktifkan AOD pada HP Xiaomi Kalian, Kalian dapat menyesuaikan pengaturannya sesuai dengan preferensi Kalian. Di dalam halaman pengaturan AOD, Kalian akan menemukan berbagai opsi dan pengaturan yang dapat Kalian atur.

Beberapa pengaturan yang mungkin ingin Kalian pertimbangkan adalah tata letak, gaya, dan konten yang ditampilkan pada layar AOD. Xiaomi menyediakan beberapa opsi tata letak dan gaya yang dapat Kalian pilih, seperti jam analog atau digital, serta ukuran dan warna yang dapat disesuaikan.

a. Mengatur Jadwal AOD

Salah satu fitur menarik dari AOD pada HP Xiaomi adalah kemampuannya untuk diatur berdasarkan jadwal tertentu. Kalian dapat mengatur waktu kapan AOD aktif dan kapan AOD mati secara otomatis.

Dengan mengatur jadwal AOD, Kalian dapat memastikan bahwa fitur ini hanya aktif saat Kalian membutuhkannya, seperti saat Kalian sedang bekerja atau saat Kalian sedang tidur. Hal ini dapat membantu menghemat daya baterai Kalian dan meminimalkan gangguan visual saat Kalian tidak memerlukan tampilan AOD.

b. Memilih Tampilan Jam

Salah satu aspek yang dapat Kalian sesuaikan pada AOD di HP Xiaomi adalah tampilan jam. Xiaomi menyediakan beberapa pilihan tampilan jam yang dapat Kalian pilih sesuai dengan preferensi Kalian. Kalian dapat memilih antara tampilan jam analog atau digital, serta mengubah ukurannya dan warnanya.

Untuk mengatur tampilan jam pada AOD, Kalian dapat membuka menu pengaturan AOD dan mencari opsi “Tampilan Jam” atau “Clock Style”. Di dalam opsi ini, Kalian akan menemukan berbagai pilihan tampilan jam yang dapat Kalian pilih dan sesuaikan.

c. Mengatur Notifikasi

Selain menampilkan waktu dan tanggal, AOD pada HP Xiaomi juga dapat menampilkan notifikasi dari aplikasi yang Kalian miliki. Kalian dapat mengatur notifikasi mana yang akan ditampilkan pada layar AOD, serta menyesuaikan tata letak dan informasi yang ditampilkan.

Untuk mengatur notifikasi pada AOD, Kalian dapat membuka menu pengaturan AOD dan mencari opsi “Notifikasi” atau “Notifications”. Di dalam opsi ini, Kalian akan menemukan daftar aplikasi yang mendukung notifikasi AOD. Kalian dapat memilih aplikasi mana yang notifikasinya akan ditampilkan, serta mengatur tata letak dan informasi yang ingin ditampilkan pada layar AOD.

Cara Mengaktifkan AOD HP Xiaomi Dengan Aplikasi Ketiga

Jika Kalian ingin memperluas fungsionalitas AOD pada HP Xiaomi Kalian, Kalian juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi ini menyediakan tampilan AOD yang lebih kustomisasi, seperti menampilkan kalender atau pemutar musik pada layar AOD.

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk AOD, Kalian perlu mencari dan mengunduh aplikasi yang sesuai dengan preferensi Kalian. Setelah mengunduh aplikasi, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk mengaktifkan dan menyesuaikan tampilan AOD sesuai dengan keinginan Kalian.

Cara Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk AOD Xiaomi

1. Buka toko aplikasi di HP Xiaomi Kalian, seperti Play Store atau Mi App Store.

2. Cari aplikasi AOD pihak ketiga yang sesuai dengan preferensi Kalian, seperti “AODNotify”, “Glance Plus”, atau “Always On Edge”.

3. Unduh dan instal aplikasi yang Kalian pilih.

4. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan dan menyesuaikan tampilan AOD sesuai dengan keinginan Kalian.

Sekarang, Kalian telah berhasil mengaktifkan fitur Always On Display pada HP Xiaomi Kalian! Dengan fitur ini, Kalian dapat dengan mudah melihat informasi penting tanpa harus membuka seluruh layar. Jangan ragu untuk menyesuaikan pengaturan sesuai dengan preferensi Kalian. Selamat mencoba!

Hadiyan Dicky

Lulusan S1 Sarjana Komputer (S.Kom) yang telah berpengalaman menekuni bidang teknologi sejak 6 tahun lalu.

Tinggalkan komentar