Cara Mematikan Sensor Proximity Xiaomi Dengan Mudah

Sensor proximity pada perangkat Xiaomi merupakan komponen yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Namun, ada kalanya Kalian mungkin perlu mematikan sensor ini, entah untuk alasan tertentu atau hanya untuk eksperimen. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara mematikan sensor proximity Xiaomi, serta beberapa hal yang perlu Kalian perhatikan sebelum dan setelah melakukannya.

Sensor proximity berfungsi untuk mendeteksi keberadaan objek di dekat layar perangkat Xiaomi Kalian. Misalnya, ketika Kalian menelepon seseorang, sensor ini akan mendeteksi ketika Kalian mendekatkan telepon ke telinga Kalian, sehingga layar akan mati untuk mencegah sentuhan tidak sengaja. Namun, ada beberapa alasan mengapa Kalian mungkin ingin mematikan sensor proximity ini.

Cara Mematikan Sensor Proximity Xiaomi

Beberapa Alasan Mematikan Sensor Proximity

1. Aplikasi Tertentu Tidak Berfungsi dengan Baik

Salah satu alasan utama mengapa Kalian mungkin ingin mematikan sensor proximity adalah ketika Kalian menggunakan aplikasi tertentu yang tidak berfungsi dengan baik ketika sensor ini aktif. 

Misalnya, ada beberapa aplikasi yang tidak mendukung sensor proximity dan mungkin mengalami masalah ketika sensor ini aktif. Dalam kasus seperti itu, mematikan sensor ini dapat membantu memperbaiki masalah yang mungkin Kalian alami.

2. Eksperimen dan Modifikasi

Selain itu, ada juga beberapa pengguna yang ingin mematikan sensor proximity hanya untuk eksperimen atau modifikasi perangkat mereka. 

Mereka mungkin ingin melihat apa yang terjadi ketika sensor ini dinonaktifkan dan bagaimana hal itu mempengaruhi penggunaan perangkat Xiaomi mereka. Jika Kalian termasuk dalam kategori ini, pastikan untuk memahami risikonya dan melakukan eksperimen dengan hati-hati.

Cara Mematikan Sensor Proximity pada Xiaomi

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa mematikan sensor proximity dapat berdampak pada beberapa fitur di perangkat Xiaomi Kalian. 

Misalnya, jika sensor ini dimatikan, layar tidak akan mati secara otomatis ketika Kalian menelepon seseorang, sehingga Kalian harus mematikan layar secara manual untuk menghindari sentuhan tidak sengaja. 

Namun, jika Kalian tetap ingin melakukannya, berikut adalah langkah-langkah yang harus Kalian ikuti:

1. Mengaktifkan Developer Options

Sebelum Kalian dapat mematikan sensor proximity, Kalian perlu mengaktifkan opsi pengembang di perangkat Xiaomi Kalian. Opsi pengembang adalah pengaturan yang dirancang untuk para pengembang aplikasi, tetapi juga memberikan akses ke beberapa pengaturan yang lebih lanjut untuk pengguna biasa. Untuk mengaktifkan opsi pengembang, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Xiaomi Kalian.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk “Tentang Telefon” atau “Tentang Perangkat”.
  3. Ketuk “Versi MIUI” beberapa kali hingga muncul pesan “Kalian sekarang menjadi pengembang!” atau “Mode pengembang telah diaktifkan”.
  4. Kembali ke menu “Pengaturan” dan Kalian akan melihat opsi “Pengembang” yang baru muncul.

2. Mencari Opsi Sensor Proximity

Setelah Kalian mengaktifkan opsi pengembang, langkah berikutnya adalah mencari opsi sensor proximity di pengaturan perangkat Xiaomi Kalian. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Xiaomi Kalian.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Pengembang”.
  3. Pada beberapa perangkat Xiaomi, Kalian mungkin perlu membuka opsi “Tambah Pengaturan” atau “Pengaturan Tambahan” terlebih dahulu.
  4. Cari opsi yang berkaitan dengan sensor proximity. Pada beberapa perangkat Xiaomi, opsi ini mungkin disebut “Deteksi Proximity” atau “Sensor Proximity”.

3. Mematikan Sensor Proximity

Sekarang, setelah Kalian menemukan opsi sensor proximity, langkah selanjutnya adalah mematikan fitur ini. Caranya dapat bervariasi tergantung pada versi MIUI yang Kalian gunakan. Berikut adalah beberapa kemungkinan cara untuk mematikan sensor proximity:

  1. Di opsi sensor proximity, geser tombol toggle ke posisi off untuk mematikan sensor ini.
  2. Beberapa perangkat Xiaomi mungkin memiliki opsi “Mode Proximity” yang dapat Kalian atur ke “Off” untuk mematikan sensor ini.
  3. Beberapa perangkat Xiaomi mungkin memungkinkan Kalian untuk menonaktifkan sensor ini hanya ketika layar terkunci atau dalam panggilan telepon. Periksa opsi yang tersedia dan sesuaikan dengan preferensi Kalian.

Sekarang, sensor proximity pada perangkat Xiaomi Kalian telah dimatikan. Kalian dapat mencoba menggunakan aplikasi yang tadinya tidak berfungsi dengan baik untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi. 

Selain itu, Kalian juga dapat mencoba menelepon seseorang dan melihat apakah layar tetap hidup saat telepon berada di dekat telinga Kalian. Jika semuanya berjalan dengan baik, berarti Kalian telah berhasil mematikan sensor proximity pada perangkat Xiaomi Kalian.

Menghidupkan Kembali Sensor Proximity

Jika setelah mematikan sensor proximity Kalian mengalami masalah lain atau ingin mengaktifkannya kembali, Kalian dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka “Pengaturan” di perangkat Xiaomi Kalian.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Pengembang”.
  3. Cari opsi yang berkaitan dengan sensor proximity.
  4. Geser tombol toggle ke posisi on untuk mengaktifkan sensor proximity kembali.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, mematikan sensor proximity pada perangkat Xiaomi dapat menjadi solusi jika Kalian mengalami masalah dengan aplikasi yang tidak berfungsi dengan baik ketika sensor ini aktif. 

Namun, perlu diingat bahwa mematikan sensor ini dapat mempengaruhi beberapa fitur di perangkat Kalian. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan hal ini dengan hati-hati dan hanya jika benar-benar diperlukan.

 Jika Kalian memiliki pertanyaan atau masalah lain terkait topik ini, jangan ragu untuk menghubungi kami atau mendiskusikannya dengan komunitas Xiaomi. Selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top