4 Cara Mengatasi Lupa Pola pada HP Xiaomi Dengan Mudah

Farel Faraday

Saat ini, handphone Xiaomi telah menjadi salah satu yang paling populer di Indonesia. Dengan berbagai fitur canggih dan harga yang terjangkau, tidak heran jika banyak orang memilih Xiaomi sebagai pilihan mereka. Namun, tidak jarang pengguna mengalami masalah lupa pola pada HP Xiaomi. Hal ini tentu sangat mengganggu, karena dapat menghambat penggunaan handphone kita.

Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara mengatasi lupa pola pada HP Xiaomi.

Kami akan membahas metode yang sederhana namun efektif, sehingga Kalian dapat dengan mudah memulihkan akses ke HP Xiaomi Kalian tanpa harus membawa ke tempat service resmi atau kehilangan data penting.

Cara Mengatasi Lupa Pola pada HP Xiaomi Yang Simpel

Kurang lebih ada 4 macam cara paling efektif yang sudah kami rangkum berdasarkan pengalamn pribadi berdasarkan tingkat keberhasilannya. Antara lain ke 4 cara tersebut yaitu :

1. Menggunakan Akun Mi

Langkah 1: Buka Situs Mi Cloud

Metode pertama yang dapat Kalian coba adalah dengan menggunakan akun Mi. Caranya sangat mudah, Kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama yang harus Kalian lakukan adalah membuka situs Mi Cloud melalui browser di perangkat lain, seperti laptop atau komputer. Pastikan Kalian menggunakan akun Mi yang sama dengan yang terhubung ke HP Xiaomi Kalian yang terkunci.

Langkah 2: Login dengan Akun Mi

Setelah membuka situs Mi Cloud, Kalian akan diminta untuk login dengan akun Mi Kalian. Masukkan alamat email dan kata sandi yang terkait dengan akun Mi Kalian dan klik tombol “Login”.

Langkah 3: Temukan Perangkat Xiaomi Kalian

Setelah berhasil login, cari dan klik opsi “Find Device” atau “Temukan Perangkat” di halaman utama situs Mi Cloud. Hal ini akan membuka halaman yang menampilkan daftar perangkat Xiaomi yang terhubung dengan akun Mi Kalian.

Langkah 4: Pilih Perangkat yang Terkunci

Dalam daftar perangkat Xiaomi yang muncul, pilih perangkat yang terkunci karena Kalian lupa polanya. Setelah itu, Kalian akan melihat beberapa opsi yang tersedia untuk perangkat tersebut.

Langkah 5: Pilih Opsi “Unlock Device”

Di antara opsi yang tersedia, cari dan klik opsi “Unlock Device” atau “Buka Kunci Perangkat”. Hal ini akan memulai proses membuka kunci pola pada HP Xiaomi Kalian yang terkunci.

Langkah 6: Tunggu Proses Selesai

Setelah memilih opsi “Unlock Device”, Kalian perlu menunggu proses selesai. Hal ini dapat memakan waktu beberapa menit tergantung pada kecepatan internet dan perangkat Xiaomi Kalian.

Langkah 7: Buka HP Xiaomi yang Terkunci

Setelah proses selesai, coba buka HP Xiaomi Kalian yang terkunci. Kalian sekarang seharusnya dapat mengaksesnya tanpa harus memasukkan pola yang lupa tadi. Selamat! Kalian telah berhasil mengatasi masalah lupa pola pada HP Xiaomi Kalian.

2. Menggunakan Metode Reset Factory

Langkah 1: Matikan HP Xiaomi Kalian

Metode kedua yang dapat Kalian coba adalah dengan melakukan reset factory. Namun, perlu diingat bahwa metode ini akan menghapus semua data yang ada di HP Xiaomi Kalian. Jadi, pastikan Kalian sudah melakukan backup terlebih dahulu sebelum melanjutkan langkah-langkah berikut:

Langkah pertama yang harus Kalian lakukan adalah mematikan HP Xiaomi Kalian. Tekan dan tahan tombol power sampai muncul opsi untuk mematikannya. Pilih opsi “Power Off” atau “Matikan”.

Langkah 2: Masuk ke Mode Recovery

Setelah HP Xiaomi Kalian mati, tekan dan tahan tombol power dan tombol volume up secara bersamaan. Tahan kedua tombol ini sampai Kalian melihat logo Mi muncul di layar. Setelah itu, lepaskan tombol power tetapi tetap tahan tombol volume up sampai Kalian masuk ke mode recovery.

Langkah 3: Pilih Opsi “Wipe Data”

Setelah masuk ke mode recovery, gunakan tombol volume up dan volume down untuk navigasi. Cari dan pilih opsi “Wipe Data” atau “Hapus Data” menggunakan tombol power untuk memilihnya.

Langkah 4: Konfirmasi Penghapusan Data

Setelah memilih opsi “Wipe Data”, Kalian akan melihat konfirmasi penghapusan data. Pastikan Kalian telah melakukan backup data penting sebelum melanjutkan. Jika Kalian yakin, pilih opsi “Yes” atau “Ya” untuk mengkonfirmasi penghapusan data.

Langkah 5: Tunggu Proses Selesai

Setelah mengkonfirmasi penghapusan data, tunggu beberapa saat sampai proses selesai. Ini bisa memakan waktu beberapa menit tergantung pada kecepatan dan kapasitas perangkat Xiaomi Kalian. Pastikan Kalian tidak mematikan HP Xiaomi Kalian saat proses ini sedang berlangsung.

Langkah 6: Reboot HP Xiaomi

Setelah proses penghapusan data selesai, Kalian akan kembali ke menu utama mode recovery. Pilih opsi “Reboot” atau “Restart” menggunakan tombol power. HP Xiaomi Kalian akan reboot dan kembali ke pengaturan awal seperti saat baru dibeli.

Langkah 7: Atur Kembali HP Xiaomi Kalian

Setelah HP Xiaomi Kalian reboot, Kalian akan diminta untuk mengatur ulang pengaturan awal seperti saat pertama kali membeli HP tersebut. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mengatur ulang bahasa, waktu, dan akun Mi Kalian. Setelah selesai, Kalian dapat menggunakan HP Xiaomi Kalian seperti biasa tanpa pola yang terkunci.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah 1: Cari dan Unduh Aplikasi Pihak Ketiga

Metode ketiga yang dapat Kalian coba adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang dapat membantu Kalian mengatasi masalah lupa pola pada HP Xiaomi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama adalah mencari dan mengunduh aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Kalian mengatasi masalah lupa pola pada HP Xiaomi. Kalian dapat mencarinya di Play Store atau sumber terpercaya lainnya.

Langkah 2: Install dan Buka Aplikasi

Setelah mengunduh aplikasi pihak ketiga, instal dan buka aplikasi tersebut di HP Xiaomi Kalian yang terkunci. Pastikan Kalian memberikan izin yang diperlukan agar aplikasi dapat berfungsi dengan baik.

Langkah 3: Ikuti Petunjuk dari Aplikasi

Setiap aplikasi pihak ketiga memiliki petunjuk yang berbeda-beda dalam mengatasi masalah lupa pola pada HP Xiaomi. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut dengan seksama. Biasanya, Kalian akan diminta untuk melakukan beberapa langkah seperti menghubungkan HP Xiaomi Kalian ke komputer atau menggunakan fitur khusus dalam aplikasi.

Langkah 4: Tunggu Proses Selesai

Setelah mengikuti petunjuk dari aplikasi pihak ketiga, tunggu proses selesai. Ini bisa memakan waktu beberapa menit tergantung pada aplikasi yang Kalian gunakan dan perangkat Xiaomi Kalian. Pastikan Kalian tidak mematikan HP Xiaomi Kalian saat proses ini sedang berlangsung.

Langkah 5: Buka HP Xiaomi yang Terkunci

Setelah proses selesai, coba buka HP Xiaomi Kalian yang terkunci. Kalian sekarang seharusnya dapat mengaksesnya tanpa harus memasukkan pola yang lupa tadi. Selamat! Kalian telah berhasil mengatasi masalah lupa pola pada HP Xiaomi Kalian menggunakan aplikasi pihak ketiga.

4. Menghubungi Layanan Pelanggan Xiaomi

Langkah 1: Temukan Informasi Kontak Layanan Pelanggan Xiaomi

Jika Kalian masih tidak berhasil mengatasi masalah lupa pola pada HP Xiaomi setelah mencoba metode di atas, langkah terakhir yang dapat Kalian lakukan adalah menghubungi layanan pelanggan Xiaomi. Mereka akan memberikan bantuan dan panduan lebih lanjut untuk memulihkan akses ke HP Xiaomi Kalian.

Langkah pertama adalah mencari informasi kontak layanan pelanggan Xiaomi. Kalian dapat mencarinya melalui situs resmi Xiaomi, melalui aplikasi Mi Community, atau melalui media sosial resmi Xiaomi seperti Facebook atau Twitter.

Langkah 2: Hubungi Layanan Pelanggan

Setelah menemukan informasi kontak layanan pelanggan Xiaomi, hubungi mereka melalui saluran komunikasi yang tersedia. Kalian dapat menggunakan telepon, email, atau chat langsung melalui aplikasi Mi Community atau media sosial resmi Xiaomi.

Langkah 3: Jelaskan Masalah yang Kalian Alami

Ketika berkomunikasi dengan layanan pelanggan Xiaomi, pastikan Kalian menjelaskan dengan jelas masalah yang Kalian alami, yaitu lupa pola pada HP Xiaomi Kalian. Berikan detail sebanyak mungkin tentang perangkat Xiaomi Kalian, termasuk model, versi MIUI, dan metode yang telah Kalian coba sebelumnya.

Langkah 4: Ikuti Petunjuk dari Layanan Pelanggan

Setelah menjelaskan masalah Kalian, ikuti petunjuk yang diberikan oleh layanan pelanggan Xiaomi. Mereka akan memberikan panduan lebih lanjut tentang langkah-langkah yang perlu Kalian lakukan untuk memulihkan akses ke HP Xiaomi Kalian.

Langkah 5: Patuhi Prosedur yang Diberikan

Selama proses ini, penting untuk mematuhi prosedur yang diberikan oleh layanan pelanggan Xiaomi. Mereka mungkin meminta Kalian untuk mengirimkan perangkat Xiaomi Kalian ke pusat layanan resmi atau memberikan informasi tertentu untuk memverifikasi kepemilikan perangkat.

Langkah 6: Ikuti Instruksi yang Diberikan

Setelah mengikuti prosedur yang diberikan oleh layanan pelanggan Xiaomi, ikuti instruksi yang diberikan untuk memulihkan akses ke HP Xiaomi Kalian yang terkunci. Ini bisa melibatkan pengaturan ulang perangkat atau pemulihan data dari backup yang telah Kalian buat sebelumnya.

Langkah 7: Tunggu Proses Selesai

Setelah mengikuti instruksi yang diberikan oleh layanan pelanggan Xiaomi, tunggu proses selesai. Ini bisa memakan waktu beberapa hari tergantung pada kebijakan dan waktu respons layanan pelanggan Xiaomi.

Langkah 8: Cek Akses ke HP Xiaomi Kalian

Setelah proses selesai, coba buka HP Xiaomi Kalian yang terkunci. Kalian sekarang seharusnya dapat mengaksesnya tanpa harus memasukkan pola yang lupa tadi. Jika Kalian masih mengalami masalah, hubungi kembali layanan pelanggan Xiaomi untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi lupa pola pada hp xiaomi yang bisa kami bagikan, semoga bisa bermanfaat dan jika ada pertanyaan langsung saja berkomentar ya.

Farel Faraday

Lulusan S1 Sarjana Komputer (S.Kom) yang telah berpengalaman menekuni bidang teknologi sejak 6 tahun lalu.

Tinggalkan komentar